Pisang Cokelat Lumer, Camilan Nikmat Mudah Dibuat

Reporter : Mutia Nugraheni
Minggu, 7 November 2021 12:00
Pisang Cokelat Lumer, Camilan Nikmat Mudah Dibuat
Cara membuatnya sangat mudah. Yuk cari tahu.

Dream - Musim hujan seperti sekarang biasanya nafsu makan meningkat. Cuaca dingin memang membuat kita jadi lebih suka menikmati camilan. Salah satu santapan yang sangat mudah dibuat adalah pisang cokelat lumer.

Bahannya sangat mudah didapat. Bagaimana kalau Sahabat Dream membuatnya sendiri di rumah. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:
- 6 lembar kulit lumpia
- 3 buah pisang (bisa menggunakan Pisang Uli, Pisang Kepok Kuning, atau Pisang Nangka)
- Cokelat sesuai selera
- 1 sdm tepung terigu
- 2 sdm air

Menu Buka Puasa: Lepas Rindu dengan Piscok Lumer© MEN

Cara membuat:
- Potong pisang menjadi dua bagian
- Kemudian siapkan kulit lumpia, lalu masukan pisang dan cokelat
- Jika sudah, lipat bagian bawah, kanan dan kiri kemudian gulung
- Oleskan campuran air dan tepung terigu di tepi kulit lumpia agar tidak lepas saat digoreng
- Lakukan hingga pisang dan kulit lumpia habis
- Goreng pisang yang sudah dicetak hingga kuning kecokelatan
- Sajikan pisang cokelat ketika masih hangat sehingga masih lumer

Sumber: Diadona.id

1 dari 4 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

2 dari 4 halaman

Cara Tepat Menyimpan Pisang Biar Tahan Lama

Dream – Pisang merupakan kaya vitamin dan harganya sangat terjangkau. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut membuat buah ini sangat disukai orang dewasa dan anak-anak.

Kita kerap kali membeli pisang dalam jumlah banyak agar bisa dinikmati seluruh anggota keluarga. Sayangnya, dalam beberapa hari pisang jadi lembek dan kesegarannya pun berkurang. Penting bagi Sahabat Dream mengetahui cara menyimpan pisang agar lebih tahan lama. Ikuti saja trik berikut.

Cara Tepat Menyimpan Pisang Biar Tahan Lama© MEN

Menggantung pisang
Ketika membeli pisang kamu pasti akan melihatnya sering digantung pada kail. Ternyata ada alasan ilmiah dari cara ini. Pisang diketahui akan segera matang setelah dipetik dari pohon, dan gas etilen yang mengatur kematangan pada pisang akan terlepas dari batang setelah dipetik.

Saat digantung, pelepasan gasnya akan bekerja lebih lambat sehingga dapat menahan kematangan pisang. Selain itu, menggantung pisang juga mencegahnya cepat busuk dibandingkan hanya meletakkannya di meja, di mana pisang akan terus matang dengan cepat.

Beli pisang yang berwarna hijau
Cara terbaik agar pisang tahan lama adalah dengan membeli pisang yang memiliki warna hijau. Pisang tersebut telah dipetik saat masih hijau, lalu perlahan akan matang hingga berwarna kuning cerah seiring berjalannya waktu. Untuk itu sebaiknya pilih pisang yang belum terlalu matang apabila ingin menyimpannya lebih lama.

 

3 dari 4 halaman

Bungkus batang pisang dengan plastik
Gas etilen yang membuat pisang matang berasal dari batang. Jadi untuk memperlambat proses pematangannya, kamu bisa membungkus batang tersebut dengan bungkus plastik atau aluminium foil. Cara ini cukup berhasil namun untuk hasil terbaik, pisahkan pisang dan bungkus batangnya satu per satu.

Pisang segar© Shutterstock

Taruh pisang matang di lemari es
Bila pisang sudah matang, kita bisa memindahkannya ke lemari es jika tak ingin segera menyantapnya. Suhu dingin akan mencegah pisang matang lebih cepat (setidaknya untuk beberapa hari).

Bekukan pisang
Membekukan pisang adalah salah satu cara termudah untuk menjaganya tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama. Tetapi membekukan pisang juga harus dengan benar. Pertimbangkan untuk membekukan pisang dengan mengupasnya dan simpan dalam kantong kedap udara, baru taruh di freezer. Kamu bisa mengolahnya jadi smoothies.

Laporan Yuni Puspita/ Sumber: Reader Digest

4 dari 4 halaman

Ternyata Ada Pisang Merah yang Rasanya Disebut Mirip Raspberry

Dream - Sahabat Dream selama ini sudah akrab dan sering makan buah pisang yang berwarna kuning. Rasanya merupakan perpaduan manis dan sedikit asam. Bisa langsung dimakan atau diolah menjadi hidangan lain seperti es buah, pisang goreng atau kue pisang.

Tahukah kamu sebenarnya jenis pisang lain yang warnanya berwarna merah. Buah ini ternyata banyak erdapat di India dan Thailan dan beberapa negara di Asia. Penasaran seperti apa?

Pisang ini ternyata rasanya sedikit asam seperti raspberry. Kulitnya berwarna merah, memang tak tampak seperti pisang pada umumnya. Buah ini juga sangat kaya potasium, vitamin C dan vitamin B6 serta serat.

© Dream

Tak hanya itu, pisang merah ini juga sangat kaya antioksidan yang bisa meningkatkan kualitas hemoglobin dalam sel darah. Bagi mereka yang sedang dalam tahap pemulihan saat sakit, dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara teratur, karena juga bisa memperbaiki sistem imunitas tubuh.

Selengkapnya baca di Diadona.id

Beri Komentar