Roti Keju Panggang Seharga Rp3,1 Juta yang Bikin Penasaran

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 22 Juli 2021 10:48
Roti Keju Panggang Seharga Rp3,1 Juta yang Bikin Penasaran
Harus dipesan dua hari sebelumnya jika ingin mencicipi.

Dream – Roti panggang merupakan camilan pengganjal perut dan kerap jadi menu sarapan praktis. Cukup ditambah telur atau selai, sudah bisa membuat perut terisi dengan rasa yang nikmat.

Harganya juga sangat terjangkau. Ternyata ada juga roti panggang spesial yang harganya selangit. Mencapai US $214 atau setara dengan Rp3,1 juta. Roti ini berlumur keju yang memegang rekor untuk sandwich paling mahal di dunia selama lebih dari tujuh tahun lamanya.

Dibuat oleh tim dari restoran Serendipity3 yang berbasis di New York dan berhasil memecahkan rekor Guiness kategori makanan. Menu roti keju ini dinamakan Quintessential Grilled Cheese

Tampilannya memang tampak sederhana, karena menggunakan beberapa bahan paling eksklusif di dunia. Untuk membuatnya, bahan yang digunakan antara lain mentega truffle putih dan keju Caciocavallo Podolico yang sangat langka. Keju tersebut diapit di tengah roti.

 

1 dari 5 halaman

Roti super mahal ini disajikan dengan secangkir saus lobster tomat khas Afrika Selatan, di atas pising Baccarat Crystal. Jika ingin menyantap roti ini, tak bisa langsung membeli. Harus memesan dua hari sebelumnya.

" Bahan yang digunakan adalah bahan paling mahal dan eksklusif di dunia. Sandwich perlu dipesan 48 jam sebelumnya, karena semua bahan ini diterbangkan khusus untuk pesanan. Saat menggigit sandwich, kamu akan merasakan kerenyahan roti dan keju yang luar biasa,” kata koki Serendipity 3, Joe Calderon.

Untuk bahan keju Caciocavallo Podolico harus diimpor dari Italia Selatan. Keju ini dibuat dari 25.000 susu sapi pilihan, yang hanya menyusui selama dua bulan dalam setahun.

Sebelum disajikan di atas piring Baccarat Crystal, roti dimasukkan ke dalam alat panini press selama empat menit. Waktu terbaik saat keju mencair dan menghasilkan kenikmatan luar biasa.

Laporan: Angela Irena Mihardja/ Sumber: Oddity Central

2 dari 5 halaman

Jago Banget, Bocah 8 Tahun Bikin Roti Layaknya Chef

Dream - Membuat roti yang mengembang, memiliki tektur yang lembut dan nikmat, bukanlah hal mudah. Orang dewasa saja kerap gagal membuat roti. Bagaimana jika seorang anak berusia 8 tahun membuatnya?

Sebuah video yang diunggah di akun Facebook Darita Cooking, menampilkan kepiawaian bocah 8 tahun membuat roti dari nol. Tampaknya bocah itu sering melihat atau diajarkan membuat roti.

Bocah lelaki dalam video tampak sangat menggemaskan. Berpipi tembang, mengenakan pakaian tradisional berwarna merah, dan sangat jago mengolah adonan roti. Dengan tangannya yang mungil ia meracik, menguleni dan membentuk roti dengan sangat rapi dan terlihat sangat lezat.

Bocah 8 tahun bikin roti© Facebook Darita Cooking

Dan dalam caption yang ditulisnya diketahui anak lelaki itu berasal dari Tiongkok. Video ini telah mencuri perhatian netizen dengan mengumpulkan lebih dari 50 ribu like, 2 ribu komentar, bahkan telah dibagikan hingga 9,7 ribu kali.

 

3 dari 5 halaman

Beberapa komentar terkesan dengan keahlian anak tersebut di dapur, dan yang lain menyukai kelucuannya. " Ia terlihat lebih muda dari anak umur 8 tahun, sungguh anak yang luar biasa, ia bahkan membuat semuanya tetap bersih selama memasak, seperti layaknya koki professional,"  tulis salah satu komentar.

Facebook Darita Cooking© Facebook Darita Cooking

" Saya yakin anak ini akan menjadi koki hebat saat ia dewasa" komentar lainnya. Lihat videoya di sini.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

4 dari 5 halaman

Foccacia, Seni Membuat Roti Jadi 'Lukisan' Bunga

Dream - Jika tersaji Foccacia di depan mata, mungkin kamu merasa tak tega untuk memakannya. Roti ini memang berbeda dari roti biasa karena dibuat dengan sangat detail, mempertimbangkan estetika dan bukan hanya rasa.

Tampilannya seperti lukisan bunga, padahal roti dengan berbagai topping warna-warni ini, isinya merupakan sayuran yang biasa kita makan. Dipopulerkan oleh akun Instagram @vineyardbaker, ia mengungkap kalau Foccacia merupakan roti berbalut seni.

Foccacia Bread© vineyardbaker

(Foto: Instagram @vineyardbaker)

Roti Foccacia ini memiliki teknik peletakkan topping yang estetik. Berupa irisan paprika merah dan hijau, daun bawang, bayam serta bahan warna-warna lainnya yang bisa dimakan tetapi juga bisa dibentuk menjadi bunga.

 

5 dari 5 halaman

Bikin di Rumah Yuk

Ingin coba membuat di rumah? VineyardBaker menyarankan untuk menggunakan adonan yang lembut. Sementara untuk topping, pakai zaitun kalamata, daun rempah segar, paprika kuning dan tomat cherry untuk mendapatkan perpaduan warna yang kaya.

Foccacia Bread© vineyardbaker

(Foto: Instagram @vineyardbaker)

Tunggu adonan hingga mengembang, kemudian tekan sedikit topping agar menempel sempurna pada roti. Setelah itu, balur adona dengan minyak zaitun menggunakan kuas agar rasanya makin kaya dan roti tampak mengilap saat matang.

Jika menggunakan bahan-bahan basah direkomendasikan untuk mengeringkannya setelah diiris sehingga tidak membuat roti jadi basah dan tak mengembang. Hasilnya pasti sangat cantik.

Sumber: Taste Of Home

Beri Komentar