Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ruben Onsu Buka Suara Kisruh Ayam Geprek Bensu

Ruben Onsu Buka Suara Kisruh Ayam Geprek Bensu Ruben Onsu (Foto: Deki Prayoga/Dream)

Dream - Ruben Onsu akhirnya buka suara terkait kisruh nama Geprek Bensu dengan I Am Geprek Bensu milik Benny Sujono. Kisruh ini membuat orang berpandangan negatif terhadap Ruben Onsu. 

Menurut Ruben, ia sudah memberikan hak jawab kepada pihak Benny Sujono. Namun banyak orang yang tetap memandang sinis terhadapnya.

"Kalau yang aku rasain, semua segala hal sudah dilakukan, menggunakan hak jawab. Saya tidak pernah meminta orang suka sama saya, tapi memang saya sudah menggunakan hak jawab itu," ujar Ruben Onsu dalam tayangan Trans Tv.

Menurut Ruben, tindakan dia dan timnya selama ini dirasa sudah sangat tepat. Ruben mengaku tak pernah menyakiti pihak mana pun.

Bensu


"Yang membuat saya harus lakukan, karena apapun itu buat gue yang penting gue tidak keluar sedikit dari kalimat gue yang menyakiti siapapun," ucapnya.

Sebetulnya Ruben juga tak ingin terus memikirkan permasalahan ini. Terutama memperlihatkan wajahnya yang murung karena di depan anak-anaknya.

Sebab kata Ruben ia ingin selalu bisa memberikan yang terbaik untuk istri dan anak-anaknya.

"Yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak terlalu banyak membahas masalah ini di depan anak-anak. Lebih baik saya sendiri. Saya ingin menjadi diri saya sendiri mau bahagiain keluarga saya, bagaimana yang sebetulnya," ungkap Ruben.

Ruben menggugat nama merek dagang di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, namun gugatan PT Onsu Pangan Perkasa kalah dan dimenangkan oleh Benny Sujono. Tak terima Ruben mengajukan kasasi di Mahkamah Agung dan ternyata Ruben kalah lagi.

Usai Kalah Sengketa Geprek Bensu, Begini Kondisi Ruben Onsu

Dream - Ruben Onsu tak bisa tidur gara-gara memikirkan nasib bisnis kulinernya, Geprek Bensu. Suami Sarwendah Tan itu merasa terbebani karena seolah-olah dituding mengambil alih merek dagang Geprek Bensu.

"Kepikiran kenapa beritanya seperti ini, seolah dia yang mengmabil alih tanpa dasar. Itu jadi beban pikiran dia," kata kuasa hukum RUben Onsu, Minola Sebayang, di Jakarta, Kamis 18 Juni 2020.

Mahkamah Agung memang baru saja memutus sengketa merek Geprek Bensu antara Ruben Onsu dengan pemilik I Am Geprek Bensu, Benny Sudjono. MA memutuskan Benny sebagai pemilik sah merek dagang tersebut.

Tak hanya itu, dalam putusannya majelis MA juga memerintahkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menghapus atau mencoret merek usaha Geprek Bensu milik Ruben Onsu.

Karena terbebani kasus tersebut, Ruben Onsu sampai harus menghindari netizen yang memberikan komentar pedas. Ruben tak mau membaca komentar di media sosial karena takut menambah beban pikirannya.

"Ruben hindari komentar warganet karena sudah trending karena takut keganggu pikirannya. Saya sempat baca komentar warganet saat senggang sudah agak lumayan dan berimbang tidak memojokkan Ruben Onsu," imbuh Minola.

Meski demikian, kondisi Ruben Onsu terus membaik karena pemberitaan yang berimbang. Dengan demikian, Ruben menganggap publik mulai paham dirinya tidak merebut merek dagang orang lain.

"Sehingga publik menilai ruben buka usaha ada sertifikatnya, bukan sekadar nama saja. Semua jelas secara legalitasnya. Kalau kalah dan menang, kalah belum tentu salah ya, menang belum tentu benar," ujar dia.

Dukungan dari keluarga, terutama sang istri, membuat Ruben semakin tenang dalam menghadapi persoalan ini. Ruben tidak panik lagi. "Sarwendah juga seprti itu," ungkap Minola.

Adik Ruben Onsu Jelaskan Sejarah Nama Geprek Bensu dan Konflik di Dalamnya

Dream - Ruben Onsu melalui adiknya, Jordi Onsu memberikan klarifikasi lengkap tentang penggunaan nama Bensu dalam bisnis kuliernya. Geprek Bensu ramai menjadi perbincangan setelah sidang kasasi di Mahkamah Agung (MA) pada 20 Mei lalu menolak pengajuan atas putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat soal hak atas kepemilikan merek Bensu.

Dengan keputusan tersebut, banyak yang menganggap Ruben tak bisa lagi menggunakan nama Bensu sebagai merek bisnis kuliner ayamnya. Muncul juga banyak pemberitaan miring tentang Ruben Onsu yang pernah berkolaborasi dengan

Kasus ini muncul setelah Ruben mengajukan kasasi atas penggunaan nama Bensu yang dipakai I Am Geprek Bensu. Pemilik kuliner ini adalah Benny Sujono yang pernah berkolaborasi dengan Ruben.

Dalam klariifikasi yang disampaikan melalui channel YouTube MOP Channel, Jordi Onsu yang menggandeng kuasa hukum Ruben, Minola, menjelaskan tentang asal usul nama Geprek Bensu. Klarifikasi tersebut untuk meluruskan pernyataan-pernyataan tak benar yang sudah membuat asumsi salah kepada Ruben Onsu.

 

Nama Bensu Legal Milik Ruben Onsu

Klarifikasi pihak Ruben Onsu

Kuasa hukum, Minola menegaskan nama Bensu sudah melekat dengan sosok Ruben Onsu sebagai singkatannya yang sudah dipakai sejak 2006. Permohonan Ruben untuk mematenkan nama tersebut telah dikabulkan sejak 30 Mei 2018. Terhitung sejak hari itu, Minola mengatakan Ruben Onsu memiliki nama legal Ruben Onsu alias Bensu.

"Pada 30 Mei 2018 setelah memeriksa bukti-bukti, dikabulkan permohonan dengan menetapkan nama bensu sebagai singkatan dari Ruben Onsu, jelas." ujar Minola, kuasa hukum Ruben Onsu.

Telah Memperoleh Sertifikat Nama Bensu

Meski Bensu sudah legal sebagai singkatan perorangan, namun nama tersebut sudah didaftarkan sebagai merek datang bernama Bengkel Susu yang sudah memperoleh sertifikat merek terdaftar sejak 2015. Hal tersebut membuat Bensu sebagai nama bisnis Ruben Onsu ditolak oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) karena terkena UU No 20 tahun 2016 yang memakai asal first to file.

Hal tersebut mendorong Ruben melakukan perundingan secara kekeluargaan dengan pihak Bengkel Susu. Hasilnya, pihak Bengkel Susu menyerahkan nama merek Bensu ke pihak Ruben Onsu. 

"Ruben sudah mendapatkan sertifikat peralihan atas merek terdaftar dan itu aktifnya terhitung sejak 2015 ketika mendapatkan hak merek dagang asa first to file." ujar Minola.

Kantongi 35 Sertifikat Merek Atas Nama Bensu

Klarifikasi pihak Ruben Onsu

Setelah mengantongi sertifikat peralihan atas merek terdaftar, Ruben memiliki 35 sertifikat merek oleh DJKI atas nama Bensu. Puluhan sertifikat tersebut meliputi nama merek dagang Bakso Bensu, Nugget Bensu dan merek dagang lainnya. Namun dari 35 sertifikat yang diterima, pihak Ruben Onsu juga menerima sertifikat I am Geprek Bensu. Jordi mengaku tidak mengetahui kenapa pihak Ruben juga miliki sertifikat tersebut.

Hal tersebut membuat pihak Ruben Onsu mengajukan gugatan agar sertifikat merek I Am Geprek Bensu dibatalkan dan dicabut. Namun gugatan yang diajukan oleh pria kelahiran 15 Agustus 1983 ini ditolak oleh Mahkamah Agung. Menurut kuasa hukum Minola, dalam pengambilan keputusan, pengadilan tidak memperhatikan asas first to file yang membuat gugatan tersebut ditolak.

"Dari 2018 Bensu itu Ruben Onsu. Mereka berubah nama dari Benito ke Beni Sujono bukan Bensu. Tapi PT nya sudah diubah menjadi I Am Geprek Bensu sejak 2017. Gugatan dibatalkan karena tidak perhatikan asas first to file" ungkap Minola.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ruben Onsu Tulis Pesan Mengharukan untuk Betrand Peto

Ruben Onsu Tulis Pesan Mengharukan untuk Betrand Peto

Ruben Onsu menuliskan pesan mengharukan buat Betrand Peto

Baca Selengkapnya
Potret Dapur di Rumah Mewah Ruben Onsu, Ada Ruang Khusus Buat Sarwendah!

Potret Dapur di Rumah Mewah Ruben Onsu, Ada Ruang Khusus Buat Sarwendah!

Rumah tersebut didesain agar bisa memenuhi kebutuhan anak dan istri Ruben

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Gelap Mata Nenek Bunuh Suami Gegara Kartu Pos dari Wanita yang Dikencaninya 60 Tahun Silam

Gelap Mata Nenek Bunuh Suami Gegara Kartu Pos dari Wanita yang Dikencaninya 60 Tahun Silam

Bertha menghadapi dakwaan percobaan pembunuhan dan penyerangan terhadap seseorang berusia 65 tahun

Baca Selengkapnya
Resep Ayam Suwir Bumbu Kuning Pedas yang Nikmat

Resep Ayam Suwir Bumbu Kuning Pedas yang Nikmat

Ayam suwir yang lembut disulap dengan bumbu khas Indonesia yang mantap dan pedasnya bikin lidah bergoyang.

Baca Selengkapnya
10 Hari Ngeluh Sakit Perut, Wanita Syok Baru Menyadari Bayinya Tumbuh dalam Usus

10 Hari Ngeluh Sakit Perut, Wanita Syok Baru Menyadari Bayinya Tumbuh dalam Usus

Ia mengaku terus mengalami nyeri hebat pada bagian perut.

Baca Selengkapnya
Buka Puasa Bukan Ajang untuk 'Balas Dendam', Pahami Kembali Hikmah Berpuasa

Buka Puasa Bukan Ajang untuk 'Balas Dendam', Pahami Kembali Hikmah Berpuasa

'Balas dendam' saat berbuka secara tidak langsung menunjukkan adanya unsur paksaan dalam berpuasa.

Baca Selengkapnya
Minuman Anggur Berusia 5.000 Tahun Ditemukan Utuh di Makam Ratu Mesir Pertama

Minuman Anggur Berusia 5.000 Tahun Ditemukan Utuh di Makam Ratu Mesir Pertama

Temuan ini terjadi di makam Ratu Merneith di Abydos, Sohag.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

DRESS IT! Fashion Hack For Your Sweater

Dream - Sahabat Dream biar tambah terlihat kece saat gunakan sweater, bisa banget lho ikutin tips ini. Yuk simak!

Baca Selengkapnya