Sambut Hari Gizi & Makanan Nasional, Ini 5 Tips Memasak Sehat dari Para Pakar

Reporter : Jeffreydien Winanda
Kamis, 27 Januari 2022 16:00
Sambut Hari Gizi & Makanan Nasional, Ini 5 Tips Memasak Sehat dari Para Pakar
Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa harus ribet.

Tanggal 25 Januari 2022 lalu diperingati sebagai Hari Gizi Nasional ke-62. Peringatan ini pun diadakan sebagai bentuk kesadaran bagi seluruh masyarakat Indonesia mengenai pentingnya mencukupi kebutuhan gizi guna menunjang pertumbuhan serta kesehatan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tanpa harus ribet. Seperti layanan Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat dalam mendapatkan produk kebutuhan harian termasuk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan, makanan sehat dan lainnya. Menariknya, layanan yang dihadirkan Tokopedia ini hadir dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran dilakukan.

Sejak diluncurkan pada November tahun lalu, layanan Tokopedia NOW! disambut antusiasme sangat tinggi dari masyarakat.

“ Hal ini terbukti dari peningkatan transaksi hampir 2x lipat yang terjadi melalui Tokopedia NOW! selama Desember 2021 dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ujar Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, Pranidhana Mahardhika.

“ Sementara itu, subkategori Bumbu dan Bahan Masakan, Telur dan Olahan Susu, Sayur dan Buah Segar, Daging dan Seafood serta Mie, Pasta dan Bihun menjadi beberapa sub kategori yang paling laris di Tokopedia NOW!,” tambahnya.

Sambut Hari Gizi & Makanan Nasional, Ini 5 Tips Memasak Sehat dari Para Pakar© 2022 Tokopedia

Dalam rangka menyambut Hari Gizi dan Makanan Nasional, Tokopedia pun berkolaborasi dengan Celebrity Chef Norman Ismail untuk berbagi tips kepada masyarakat tentang makanan sehat. Apa saja tipsnya?

Berani Mencoba

Chef Norman mengatakan jika memulai gaya hidup sehat harus diawali dengan niat dan komitmen. Begitupun ketika memasak menu sehat sebagai konsumsi sehari-hari.

“ Bisa diawali dengan membuat masakan yang mudah seperti gado-gado, ikan panggang, pepes tahu atau ayam dan lain sebagainya,” kata Chef Norman.

Pilih Protein Rendah Lemak

Protein rendah lemak atau lean protein menyehatkan bagi tubuh karena bisa mengatur berat badan. Protein sendiri berfungsi meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nafsu makan.

“ Contoh makanan protein rendah lemak adalah ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur, daging tanpa gajih dan kacang-kacangan,” jelasnya.

Perhatikan Kombinasi Serat

Chef Norman juga merekomendasikan untuk memasukkan lebih banyak makanan berserat dalam satu piring. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

“ Dalam satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran,” ungkap Chef Norman.

Ia juga merekomendasikan menu lezat dan sehat seperti salad mangga udang yang mengandung nutrisi lengkap. “ Salad mangga udang bisa menjadi salah satu contoh hidangan sehat bercita rasa asam, manis dan gurih yang bisa dicoba,” tambahnya.

Pentingnya Karbohidrat

Kebutuhan kalori memang tidak bisa disamaratakan bagi setiap orang. Banyak faktor yang melatarbelakangi jumlah kebutuhan kalori harian seperti jenis kelamin dan usia.

“ Namun karbohidrat bukan musuh kita, maka konsumsilah sesuai kebutuhan kalori dan tidak berlebih,” jelas Chef Norman.

Jaga Kebersihan dan Perhatikan Pengolahan Makanan

Selain tangan, mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir sangat penting agar kotoran yang menempel bisa hilang. Kebersihan dan pengolahan ini pun sering kali diremehkan padahal pengaruhnya cukup krusial bagi tubuh.

" Jangan lupa cuci semua peralatan masakan, contohnya talenan, sebelum dan setelah memasak,” tuturnya.

Chef Norman juga menyarankan untuk menggunakan suhu yang sesuai agar bisa membunuh bakteri secara efektif terutama pada daging, dan nutrisi lebih mudah diserap di usus kecil.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana tips memasak sehat dari pakarnya? Dapatkan semua kebutuhan bahan makanan sehari-hari di layanan Tokopedia NOW!

Beri Komentar