Dream - Media sosial kini juga banyak dipakai para profesional untuk memperluas jaringan atau mencari peluang pekerjaan baru. Saat mencari kerja, para profesional biasanya ingin menunjukan kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki di akun profilnya.
LinkedIn, media sosial khusus para profesional, menemukan 10 kata yang sering dipakai para pegawai di Indonesia untuk menunjukan keistimewaan dan keahlian yang dimilikinya.
Berbeda dengan platform lain, LinkedIn memang lebih banyak dipakai para profesional. Biasanya para pencari kerja atau masyarakat yang menggunakan platform ini ingin mempeluas jaringan.
Dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, LinkedIn menemukan 10 kata yang terlalu sering dituliskan atau biasa disebut “ buzzwords” oleh profesional Indonesia di LinkedIn sepanjang tahun lalu.
Temuan ini diperoleh setelah LinkedIn secara rutin menyusun dan menganalisis 10 kata atau “ frase” yang paling sering digunakan oleh profesional di LinkedIn selama setahun terakhir.
Data terbaru menunjukkan bahwa mayoritas profesional di Indonesia mencoba untuk menunjukkan keistimewaan mereka dengan menuliskan keahlian yang spesifik dan kepemimpinan.
“ Specialized” dan “ Leadership” merupakan dua kata teratas pada daftar buzzwords pada 2016. Kondisi ini berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kata “ Creative” dan “ Motivated” menduduki peringkat 2 teratas.
" Penting bagi seseorang untuk terlihat menonjol dan istimewa dibanding yang lain tanpa terlihat terlalu membesarkan ataupun merendahkan diri,” ujar Roger Pua, Senior Director, Corporate Communications for Asia Pacific, LinkedIn.
Roger menjelaskan, memiliki personal brand online yang kuat adalah kunci untuk membuka berbagai peluang di masa depan. Terlebih di awal tahun banyak orang yang ingin mendapatkan pekerjaan baru hingga kesempatan untuk melakukan kegiatan sosial yang bermakna.
Dia menambahkan, memperbarui profil dengan menambahkan berbagai prestasi dan kemampuan baru yang didapat, merupakan tindakan yang bermanfaat dan membuat Anda menonjol. Namun, diingatkan agar jangan terjebak dengan kata-kata.
" Meskipun kata-kata yang umum dapat memudahkan Anda, namun kenyataannya hal tersebut tidaklah efektif untuk merefleksikan keistimewaan Anda sebagai profesional, terlebih ketika semua orang menuliskan kata yang sama.”
Arbania Fitriani, Director StellarHR Indonesia, sebuah perusahaan di bidang konsultan Human Resources Management di Indonesia menambahkan, personal branding yang dapat menjelaskan kelebihan dan keistimewaannya, membantu para personel HR untuk memahami tentang bagaimana seorang profesional kapabel untuk mengisi suatu posisi pekerjaan.
Personal branding juga bisa membantu membedakan seorang talenta yang luar biasa, dengan jutaan profesional lainnya. " Terlebih lagi, kami selalu tertarik mempelajari lebih lanjut tentang kontribusi mereka di dalam pekerjaannya,” ujar Arbania.
Berikut adalah 10 kata yang paling sering dituliskan (buzzwords) oleh profesional Indonesia selama tahun 2016:
1. Specialized
2. Leadership
3. Passionate
4. Experienced
5. Responsible
6. Strategic
7. Creative
8. Expert
9. Focused
10. Certified
Advertisement
Layanan Transaksi 7 Gerbang Tol Dalam Kota Jakarta Kembali Normal
Perhatian Buat yang Suka Menyangga HP Pakai Kelingking, Ini Bahayanya!
TemanZayd, Komunitas Kebaikan untuk Anak Pejuang Kanker
Halte TJ Senen Sentral yang Terbakar, Berubah Jadi Halte Jaga Jakarta
4 Komunitas Animasi di Indonesia, Berkarya Bareng Yuk!
Konser Sejarah di GBK: Dewa 19 All Stars Satukan Legenda Rock Dunia dalam Panggung Penuh Magis
Tampil Cantik di Dream Day Ramadan Fest Bersama Beauty Class VIVA Cosmetics
Desain Samsung Galaxy S26 Bocor, Isu Mirip iPhone 17 Pro Bikin Heboh Pecinta Gadget
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Layanan Transaksi 7 Gerbang Tol Dalam Kota Jakarta Kembali Normal
Perhatian Buat yang Suka Menyangga HP Pakai Kelingking, Ini Bahayanya!