Libur Akhir Tahun, 16 Bandara Tambah 613 Penerbangan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 21 Desember 2018 13:41
Libur Akhir Tahun, 16 Bandara Tambah 613 Penerbangan
Jumlah penumpang diprediksi naik 10 persen.

Dream – PT Angkasa Pura/AP II (Persero) memaksimalkan 16 bandara di bawah naungannya. Perusahaan pelat merah ini siap menyambut libur perayaan keagamaan dan tahun baru.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 21 Desember 2018, AP II menyediakan layanan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) selama 20 Desember 2018—6 Januari 2019. Perkiraan arus puncak Natal terjadi pada H-3 dan Tahun Baru pada H+1. Sedangkan arus baliknya pada 2 Januari 2019.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan persiapan angkutan Nataru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya.

Hanya saja pelayanan yang diberikan tahun ini lebih lengkap daripada sebelumnya, termasuk layanan berbasis digital. Di samping itu, jumlah penumpang juga diprediksi mengalami pertumbuhan sampai 10,5 persen mencapai 6,7 juta penumpang daripada 6 juta penumpang pada tahun lalu.

“ Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat,” kata Awaluddin di Jakarta.

Dia mempersiapkan 4 ribu personel serta 2 ribu dari TNI dan Polri untuk mengawal angkutan Natal dan Tahun Baru.

" Ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital untuk memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik kepada penumpang,” kata dia.

Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, diperkirakan tahun ini, pertumbuhan pergerakan pesawat mencapai 7,5 persen. Total pergerakan pesawat di seluruh bandara AP II diprediksi mencapai 45.600 pergerakan, lebih tinggi daripada tahun 2017 yang sebanyak 42.400.

Untuk periode ini, akan ada 613 penerbangan tambahan. BUMN transportasi ini juga memberikan apresiasi kepada pihak airlines dengan menjalankan program cash back 100 persen tarif pelayanan jasa pendaratan, khususnya untuk extra flight.

“ Kami juga memberikan program cash back kepada maskapai yang akan membantu kelancaran momen natal dan tahun baru 2019. Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan optimal baik kepada penumpang, juga kepada pelanggan kami para maskapai dan ini berlaku diseluruh bandara yang kami kelola,” kata dia. (Ism)

1 dari 1 halaman

Denpasar dan Kualanamu Jadi Penerbangan Domestik Favorit

Berdasarkan data yang telah dihimpun, tercatat ada sejumlah destinasi yang menjadi favorit untuk angkutan akhir tahun, baik penerbangan domestik maupun internasional. Untuk penerbangan domestik antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Jogja. Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, Bangkok.

Demi kelancaran pelaksanaan angkutan Natal dan Tahun Baru, AP II membuka posko Nataru di 16 cabang bandaranya dan sebagai bandara terbesar serta tersibuk, Bandara Internasional Soekarno-Hatta membuka tiga posko yang masing-masing terletak di Terminal 1B depan VIP sebagai posko utama, Terminal 2F dan Terminal 3. Posko-posko ini dilengkapi dengan data traffic pergerakan penumpang di bandara, data extra flight, televisi untuk monitoring CCTV, serta untuk Video Conference yang digunakan untuk koordinasi bersama 14 bandara lain. Posko-posko ini akan membantu para penumpang, mendapatkan informasi terkait penerbangan.

Berdasarkan pengalaman penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya, AP II menghimbau kepada para penumpang pesawat agar tiba lebih awal di bandara baik penerbangan domestik maupun internasional guna menghindari kepadatan di akses menuju bandara. 

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary