3 Profesi Bidang Teknologi Digital yang Lagi Jadi Primadona

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 16 April 2019 10:45
3 Profesi Bidang Teknologi Digital yang Lagi Jadi Primadona
Teknologi digital berkembang pesat dan mempengaruhi perindustrian saat ini.

Dream Teknologi digital terus berkembang pesat dan lambat laun berpengaruh ke dunia industri. Banyak pelaku industri mengadopsi teknologi digital sebagai aspek operasional bisnis.

Selain penuh tantangan, kondisi ini juga jadi peluang bagi para pencari kerja. Profesi atau tenaga ahli yang bergerak bidang teknologi digital menjadi incara perusahaan yang ingin masuk ke dunia digital.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan Indonesia memerlukan 17 juta tenaga ahli di bidang digital. Namun kebutuhan tenaga ahli berkualitas baik yang tersedia di Indonesia masih terbatas.

Dikutip dari keterangan tertulis Unika Atma Jaya, Selasa 16 April 2019, ada tiga profesi yang berpeluang dalam teknologi digital.

Pertama, data scientist.

Profesi ini banyak dicari perusahaan yang mengumpulkan data dalam operasional bisnisnya. Sebut saja pebisnis e-commerce yang mempunyai data transaksi pelanggan.

Data tersebut akan diolah menjadi suatu informasi seperti tingkah laku berbelanja pelanggan.

Kalau memilih profesi ini, kamu perlu mengasah kemampuan menganalisis yang mendalam dan berpikir kritis. Kemampuan ini akan didapat di jenjang perguruan tinggi dengan memilih peminatan business intelligence pada jurusan sistem informasi.

1 dari 1 halaman

Pengembang Aplikasi dan Pendirii Startup

Kedua, application developer.

Saat ini, sudah banyak aplikasi di smartphone yang memudahkan kegiatan sehari-hari, mulai dari belanja sampai hiburan. Aplikasi ini merupakan hasil rancangan dari seorang pengembang aplikasi.

Pengembang aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu Android developer dan iOS developer.

Dalam merancang dan memprogram sebuah aplikasi, kamu harus mempunyai kemampuan algoritma dan logika yang kuat. Biasanya seorang application developer merupakan lulusan dari jurusan sistem informasi dengan peminatan software engineering.

Ketiga, pendiri startup.

Dalam membangun startup digital, kemampuan bisnis dan teknologi digital disatukan. Kamu bisa mempelajari lebih dalam kompetensi yang diperlukan seorang pendiri startup yang diperoleh dari peminatan IT in Business. (Sah)

Beri Komentar
Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo