Jangan Sungkan Bertanya Kepada Rekan Kerja Di Kantor Yang Baru. (Foto: Shutterstock)
Dream – Mendapatkan pekerjaan baru tandanya kamu harus siap menerima dengan segala perubahan, baik gaji, teman kerja, lingkungan, sampai peraturan yang baru. Rasa cemas dan canggung sering terjadi pada hari pertama bekerja.
Itu sangat wajar.
Daripada terus-menerus cemas, lebih baik kamu beradaptasi. Cara ini bisa mengenyahkan rasa khawatir ketika berada di kantor baru.
Memang tak semua orang bisa beradaptasi dengan cepat. Berikut ini ada beberapa cara untuk berdaptasi di kantor baru, dikutip dari Karir.com, Senin 14 Januari 2019.
Bersikap Sopan
Biasakan bersikap sopan kepada siapapun, baik itu teman hingga rekan kerja di kantor baru. Hal ini harus dilakukan agar memperlancar adaptasimu kepada lingkungan kantor yang baru.
Selain itu, ini berguna untuk kamu di saat membutuhkan bantuan pekerjaan. Dengan begitu, kamu akan mudah mendapatkan rekan kerja dan beradaptasi dengan baik di kantor baru.
Berbaur ketika Istirahat
Untuk membuat kesan yang positif, hal yang harus dilakukan, yaitu cobalah berbaur dengan rekan kerja yang baru. Coba untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan senyum ketika disapa.
Ketika makan siang tiba, inilah saat yang tepat untuk melakukan pendekatan dengan rekan kerja. Cobalah ajak makan siang bersama dan gunakan waktu ini untuk mengobrol dengan mereka.
Jangan Malu Bertanya
Sebagai karyawan baru, kamu diharapkan memiliki inisiatif yang tinggi. Jika kamu mendapati kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah malu bertanya kepada atasan.
Atasan kamu pasti akan memakluminya dan memberikan penjelasan. Ketika atasan kamu sedang memberikan penjelasan, jangan lupa catat apa saja yang penting lalu setelah itu kerjakan langsung pekerjaan dan jangan pernah menunda-nunda. Tunjukkan bahwa kamu tipe pekerja yang cepat menangkap sesuatu yang baru.
Ubah Cara Berpikir
Yang penting kamu lakukan ketika bekerja di kantor baru yaitu ubahlah cara atau pola berpikir. Sebagai karyawan baru, tentunya kamu perlu menyesuaikan diri dengan rekan kerja yang baru.
Maka, jangan pernah berpikir bahwa rekan kerja yang baru harus atau bisa memahami sifat dan karakter Anda. Jadi, kamulah yang harus belajar bagaimana menempatkan diri diantara rekan kerja yang baru
Advertisement
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Prabowo Subianto Resmi Lantik 4 Menteri Baru Kabinet Merah Putih, Ini Daftarnya
Menanti Babak Baru Kabinet: Sinyal Menkopolhukam Dirangkap, Akankah Panggung Politik Berubah?