4 Cara Jitu Beradaptasi saat Hari Pertama Kerja di Kantor Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 14 Januari 2019 10:44
4 Cara Jitu Beradaptasi saat Hari Pertama Kerja di Kantor Baru
Rasa canggung dan cemas kadang sering menyelinap ketika masuk kerja pada hari pertama.

Dream – Mendapatkan pekerjaan baru tandanya kamu harus siap menerima dengan segala perubahan, baik gaji, teman kerja, lingkungan, sampai peraturan yang baru. Rasa cemas dan canggung sering terjadi pada hari pertama bekerja.

Itu sangat wajar.

Daripada terus-menerus cemas, lebih baik kamu beradaptasi. Cara ini bisa mengenyahkan rasa khawatir ketika berada di kantor baru.

Memang tak semua orang bisa beradaptasi dengan cepat. Berikut ini ada beberapa cara untuk berdaptasi di kantor baru, dikutip dari Karir.com, Senin 14 Januari 2019.

1 dari 2 halaman

Berbaur dengan Karyawan Lain

Bersikap Sopan

Biasakan bersikap sopan kepada siapapun, baik itu teman hingga rekan kerja di kantor baru. Hal ini harus dilakukan agar memperlancar adaptasimu kepada lingkungan kantor yang baru.

Selain itu, ini berguna untuk kamu di saat membutuhkan bantuan pekerjaan. Dengan begitu, kamu akan mudah mendapatkan rekan kerja dan beradaptasi dengan baik di kantor baru.

Berbaur ketika Istirahat

Untuk membuat kesan yang positif, hal yang harus dilakukan, yaitu cobalah berbaur dengan rekan kerja yang baru. Coba untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu dan senyum ketika disapa.

Ketika makan siang tiba, inilah saat yang tepat untuk melakukan pendekatan dengan rekan kerja. Cobalah ajak makan siang bersama dan gunakan waktu ini untuk mengobrol dengan mereka.

2 dari 2 halaman

Jangan Malu Bertanya, ya!

Jangan Malu Bertanya

Sebagai karyawan baru, kamu diharapkan memiliki inisiatif yang tinggi. Jika kamu mendapati kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan, jangan pernah malu bertanya kepada atasan.

Atasan kamu pasti akan memakluminya dan memberikan penjelasan. Ketika atasan kamu sedang memberikan penjelasan, jangan lupa catat apa saja yang penting lalu setelah itu kerjakan langsung pekerjaan dan jangan pernah menunda-nunda. Tunjukkan bahwa kamu tipe pekerja yang cepat menangkap sesuatu yang baru.

Ubah Cara Berpikir

Yang penting kamu lakukan ketika bekerja di kantor baru yaitu ubahlah cara atau pola berpikir. Sebagai karyawan baru, tentunya kamu perlu menyesuaikan diri dengan rekan kerja yang baru.

Maka, jangan pernah berpikir bahwa rekan kerja yang baru harus atau bisa memahami sifat dan karakter Anda. Jadi, kamulah yang harus belajar bagaimana menempatkan diri diantara rekan kerja yang baru

Beri Komentar