5 Tips Agar Cicilan KPR Berjalan Lancar

Reporter : Ramdania
Kamis, 23 Oktober 2014 18:02
5 Tips Agar Cicilan KPR Berjalan Lancar
Cicilan rumah merupakan cicilan yang berat karena jumlahnya yang cukup besar dan jangka waktunya yang panjang. Tentu kita tidak ingin menghabiskan uang hanya untuk menyetor cicilan ini bertahun-tahun.

Dream - Sudah menjadi rahasia umum, membeli rumah melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sangat berisiko untuk gagal bayar. Hal itu disebabkan karena nasabah tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Dengan tidak membelanjakan uang untuk hal-hal yang mewah, mereka bisa menghemat uang dan menggunakannya untuk membayar cicilan KPR, kata Jessica Dambrough dari Mortgage Choice.

Dambrough mengatakan, nasabah yang melakukan penghematan sekarang tidak terlalu mendapat kesulitan keuangan dalam jangka panjang.

Untuk itu, Dambrough menawarkan lima tips berikut agar cicilan KPR berjalan lancar. Hal ini seperti dikutip dari situs news.co.au, Kamis, 23 Oktober 2014.

1. Kurangi makan di luar

Dengan mengurangi jumlah pengeluaran untuk makan-makan di luar, seorang nasabah bisa menghemat hingga ratusan ribu dalam sebulan. Uang tersebut bisa dialokasikan untuk menambah uang cicilan sehingga memperlancar pembayaran rumah impian.

2. Bayar sesuai kemampuan dan disiplin

Membayar cicilan secara reguler dan disiplin akan mempercepat pelunasan kredit. Jika ada uang lebih, alangkah baiknya membayar cicilan. Dengan demikian, kredit bisa cepat lunas.

3. KPR dengan fasilitas offset account

Dengan offset account, cicilan KPR akan langsung didebet dari tabungan kita. Jadi kita bisa tahu rinciannya dan tidak repot harus ke bank kustodian untuk membayarnya.

4. Gunakan fasilitas redraw seperlunya

Redraw berarti Anda memungut kelebihan pembayaran atas cicilan KPR. Ini terlihat menarik, tapi berhati-hatilah.

Contohnya, jumlah minimal cicilan KPR adalah Rp500 ribu. Dan selama 12 bulan Anda membayar Rp550 ribu. Jadi ada kelebihan Rp50 ribu dan jika ditotal maka Anda memiliki kelebihan dana Rp600 ribu. Kelebihan inilah yang dapat Anda ambil jika sewaktu-waktu butuh dana.

Namun jika Anda membiarkan kelebihan itu tetap ada pada cicilan KPR Anda, maka akan mengurangi bunga. Dan ini cukup menguntungkan karena mempercepat proses pelunasan. Selalu periksa apakah pemberi kredit menarik fee atas redraw yang Anda lakukan.

5. Selalu periksa kesehatan cicilan KPR

Anda pasti mengalami banyak kejadian atau masalah dari saat pertama mengambil KPR. Terus cari informasi penawaran dari pemberi kredit lain sehingga Anda dapat menilai apakah KPR yang Anda miliki saat ini masih sesuai dengan kemampuan Anda.

Beri Komentar