Bukan Dihindari! Ini 5 Tips Agar Pekerjaan Tak Jadi Beban

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 26 November 2018 09:45
Bukan Dihindari! Ini 5 Tips Agar Pekerjaan Tak Jadi Beban
Tak jarang orang merasa terbebani pekerjaan yang sedang dilakukannya.

Dream – Bukan hanya tugas yang menumpuk, deadline dan tekanan dalam bekerja terkadang bisa menjadi beban bagi seorang karyawan. Belum lagi ketika mood sedang tidak bagus. Pekerjaan yang rutin dikerjakan terasa lebih berat.

Sebagian pegawai yang tak kuat pasti akan memilih menunda menyelesaikan tugas dengan harapan menjadi lebih fresh. Padahal, menunda pekerjaan itu berarti kamu menyiksa diri sendiri.

Daripada menunda yang akhirnya membuat pekerjaan terbengkalai, sebetulnya ada lho caranya agar pekerjaan tidak lagi menjadi beban.

Dikutip dari Karirku.com, Minggu 25 November 2018, ada lima tips agar kamu tidak merasa terbebani dengan pekerjaan. Pertama, kamu harus cukup tidur. Tidur tidak hanya sekadar rutinitas, melainkan kebutuhan bagi tubuh dan pikiran.

Orang yang kurang tidur biasanya akan mendapatkan kesulitan saat menyelesaikan pekerjaan di kantor. Alhasil beban yang dipikul semakin berat. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat kamu sulit berkonsentrasi, tidak fokus, dan membuat daya pikir melemah.

Makanya, istirahat dan tidurlah dengan waktu yang cukup. Jangan sampai kurang atau lebih karena akan membuat badan Anda menjadi lebih cepat lelah.

Kedua, olahraga ringan.

Jangan lupa melakukan aktivitas ini pada pagi hari setelah bangun tidur. Olahraga ringan seperti jogging dan yoga bisa membuat pikiran lebih fresh dan rileks.

Orang yang rutin melakukan berolahraga pagi hari cenderung tidak mudah stres dan selalu bahagia. Selain itu, wajah orang yang rutin berolahraga biasanya terlihat lebih segar.

1 dari 1 halaman

Jangan Lupa Rekreasi dan Ingat Tujuan Karier

Ketiga, rekreasi.

Aktivitas ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi beban pikiran dari tumpukan pekerjaan.

Kamu bisa melakukan liburan atau rekreasi pada akhir pekan bersama keluarga atau teman. Atau, bisa juga mengambil hak cuti tahunan untuk melakukan perjalanan dan menggunakan waktu tersebut untuk bersantai dan mengembalikan mood untuk menghadapi pekerjaan kembali.

Keempat, kerjakan tugas yang paling sulit.

Ketika mendapati pekerjaan yang paling sulit, yang harus dilakukan adalah kerjakan pekerjaan itu.

Setelah mengerjakan tugas ini, kamu akan merasa lebih lega. Dampaknya, kamu bisa lebih bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih mudah daripada ini.

Kelima, ingat tujuan dan target kariermu.

Setiap orang pasti memiliki tujuan dan target dari karirnya. Namun, untuk pencapaian semua itu tidaklah mudah.

Ada saja penghalangnya, misal ketika kamu menganggap tugas dan pekerjaan menjadi beban, ingatlah akan tujuan serta target dari karir yang sedang ditekuni. Dengan begitu, kamu akan lebih bersemangat mengerjakan semua pekerjaan hingga selesai demi pencapaian tujuan dan target.

Beri Komentar