Capek Menggerutu, Ini 5 Tips Bertahan di Perusahaan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 10 Desember 2018 09:45
Capek Menggerutu, Ini 5 Tips Bertahan di Perusahaan
Ada saja yang membuat generasi milenial tak betah di kantor.

Dream – Bertahan di tempat bekerja saat ini memang terbilang tidak mudah, terutama jika peluang di luaran terdengar sangat menarik. Kondisi ini membuat sebagian milenial tak betah bekerja lama-lama di satu kantor.

Ada beragam faktor penyebab generasi milenial saat ini dikenal paling suka pindah-pindah tempat bekerja. Selain alasan mencari pengalaman baru karena usia masih muda, mereka juga bisa keluar karena alasan bertengkar dengan teman kerja, beban pekerjaan yang terlalu banyak, hingga hubungan dengan atasan yang kurang baik.

Lalu bagaimana caranya agar bisa bertahan lama di perusahaan impian kamu saat ini tanpa harus menggerutu setiap kali masuk kerja?

Dikutip dari Karir.com, Senin 10 Desember 2018, ada lima cara yang bisa kamu ikuti. Pertama, menyampaikan pendapat. Hampir rata-rata pekerja tak mampu menyampaikan pendapatnya. Padahal, pendapat bisa menjadi nilai plus, karena siapa tahu pendapat kita dibutuhkan untuk perkembangan perusahaan.

Namun, tak jarang juga ada pegawai yang tak memahami teknik menyampaikan pendapatnya. Nah, agar tak salah bicara, kamu bisa menggunakan catatan kecil agar pemyataan yang sudah diucapkan bisa disampaikan secara berurutan tanpa takut salah lagi.

Kedua, konflik diselesaikan dengan tuntas

Terjadinya konflik dalam dunia kerja sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Biasanya konflik terjadi disebabkan karena miss communication.

Saat konflik terjadi, sebagai yang orang yang bertujuan membawa perubahan baik, sebaiknya mengadakan rapat bersama dan didiskusikan kembali pangkal masalahnya. Jika terus mempermasalahkan siapa, konflik akan terus menjadi konflik.

 

1 dari 1 halaman

Hal yang harus dihindari

Ketiga, memberi serta menerima kritik dan saran

Berhati-hatilah dalam memberikan kritik maupun saran! Saat seseorang dalam keadaan emosi kamu tak perlu memberikan kritik. Itu hanya akan membuat lawan bicara marah.

Kritik dan saran bisa diberikan di waktu yang tepat, misalnya saat kamu dan orang tersebut terlibat pertemuan berdua, bukan saat meeting yang pendengarnya lebih dari satu. Kamu juga bisa menambahkan sedikit pujian yang tujuannya untuk menyemangati rekan saat sedang merasa down.

Keempat, jangan panik

Pernah merasa panik ketika sesuatu berjalan tak sesuai rencana? Mungkin hal ini perlu kamu perbaiki mulai sekarang.

Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukan langkah kecil seperti latihan nafas, perbanyak minum air putih, atau mendengarkan musik dengan alunan lembut.

Kelima, menjadi sosok pendengar yang baik

Selain kemampuan merespon, kemampuan mendengarkan yang baik juga diperlukan agar kamu bertahan di tempat kerja saat ini. Orang akan sangat mengapresiasi dan merasa membutuhkamu karena baginya kamu adalah orang yang tepat untuk mendengarkan keluh kesahnya.(sah)

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More