Penerapan Ganjil Genap di Tol, Ini Jadwalnya

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Jumat, 23 Februari 2018 16:43
Penerapan Ganjil Genap di Tol, Ini Jadwalnya
Kebijakan itu untuk menyesuaikan pembangunan proyek infrastruktur nasional.

Dream - Pemerintah berencana menerapkan kebijakan ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai 12 Maret 2018. Penerapan itu untuk menurangi kepadatan kendaraan selama masa pembangunan proyek infrastruktur strategis nasional di ruas jalan tol tersebut.

" Kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan rasio Volume-Demand-to-Capacity dan meningkatkan kecepatan tempuh rata-rata di Jalan Tol Jakarta Cikampek," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 23 Februari 2018.

Aturan itu meliputi pengaturan jam operasional angkutan barang, prioritas jam Lajur Khusus Angkutan Umum (LKAU). " Kemudian pengaturan waktu kendaraan pribadi melalui skema ganjil genap di akses tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur," ucap dia.

Untuk pengaturan ganjil genap, akan diberlakukan sejak Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB. Menurut Heru, aturan tersebut merupakan kewenangan penuh pemerintah.

" Jasa Marga sebagai operator Jalan Tol Jakarta Cikampek mendukung dan berperan dalam pelaksanaan di lapangan, seperti penyediaan rambu, pembuatan marka, penyediaan sarana, petugas pelaksana, sosialisasi, dan lain-lain," ujar dia.

Beri Komentar