Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik Transportasi Umum, Cek Syaratnya

Reporter : Arini Saadah
Jumat, 22 Oktober 2021 08:48
Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik Transportasi Umum, Cek Syaratnya
Anak-anak sudah diperbolehkan naik pesawat atau moda transportasi umum lainnya asalkan penuhi syarat.

Dream – Pemerintah akhirnya mengizinkan anak di bawah 12 tahun menggunakan moda transportasi umum. Tak hanya kereta api, anak-anak juga sudah diperbolehkan bepergian dengan menaiki pesawat terbang komersial.  

Ketentuan baru tersebut keluar seiring terbitnya Surat Edaran Satgas Covid-19 Nasional, Surat Edaran Kementerian Perhubungan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan, surat ederan itu berisi syarat perjalanan baru bagi masyarakat di tengah melandainya kasus Covid-19.

" Diizinkan mobilitas anak-anak usia kurang dari 12 tahun, di mana dalam aturan sebelumnya dibatasi," ujar Prof Wiku dalam keterangan pers virtual 'Pengaturan Perjalanan Dalam Negeri Seiring Pelandaian COVID-19' yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube BNPB Indonesia pada Kamis, 21 Oktober 2021.

Aturan baru perjalanan menggunakan moda transportasi umum untuk anak-anak itu telah berlaku sejak kemarin (Kamis, 21 Oktober 2021).

1 dari 2 halaman

Syarat yang Harus Dipenuhi

Ilustrasi© Merdeka.com

Meski sudah membolehkan, orang tua yang hendak mengajak anak-anak menggunakan moda transportasi umum harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Syarat tersebut adalah menunjukkan bahwa anak tersebut memiliki surat keterangan hasil negatif Covid-19 berupa RT-PCR maksimal 2 hari sebelum keberangkatan. Bisa juga menggunakan Rapid Antigen maksimal satu hari sebelum keberangkatan.

" Dengan syarat wajib menunjukkan satu dokumen yaitu hasil negatif COVID-19 sesuai moda transportasi dan daerah tujuannya, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat."

2 dari 2 halaman

Tes PCR dan Antigen Aman buat Anak-Anak

Di samping itu, Wiku juga menjelaskan bahwa Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sudah menyatakan kelayakan tes PCR maupun Rapid Tes Antigen untuk anak-anak.

“ Ikatan Dokter Anak Indonesia sendiri telah menyatakan kelayakan PCR atau Rapid Antigen untuk dilakukan kepada anak-anak," imbuh Wiku.

Wiku melanjutkan, keputusan kebolehan anak di bawah 12 tahun naik trasnportasi umum itu dilakukan untuk meningkatkan kemudahan masyarakat membawa anak mereka khususnya dalam situasi mendesak.

“ Khususnya bagi mereka yang berada dalam keadaan mendesak dan penting seperti perpindahan orang tua akibat pindah tugas, perjalanan dinas, dan lain-lain,” terangnya.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar