6 Kementerian Cegah Virus Corona Masuk RI, Pegawai Bandara Wajib Pakai Masker

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 Januari 2020 14:36
6 Kementerian Cegah Virus Corona Masuk RI, Pegawai Bandara Wajib Pakai Masker
6 Kementerian akan bertemu untuk menyusun langkah detail mengantisipasi masuknya virus corona yang bermutasi menjadi 2019-NCoV.

Dream - Virus corona sudah menyebar ke belasan negara. Penyebaran yang masif ini membuat pemerintah mengambil langkah antisipatif.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, akan mengambil tindakan yang lebih disiplin.

“ Langkah awal, kami sudah memberitakan kepada seluruh operator bandara dan pelabuhan internasional untuk meningkatkan pemeriksaan yang intensif,” kata Budi Karya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Banten, Senin 27 Januari 2020.

Dia akan melanjutkan pertemuan dengan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, dan Menteri Pariwisata, Wishnutama.

Pertemuan dengan para menteri ini untuk membahas lebih detail langkah-langkah yang akan diambil agar virus tak masuk ke Indonesia.

“ Memutuskan apakah penerbangan dan jalur transportasi dari Tiongkok akan ditutup sementara (atau tidak) sampai kondisi virus corona ini membaik,” kata mantan direktur PT Angkasa Pura II (Persero). 

Budi juga akan mengharuskan semua petugas penerbangan dan pelabuhan internasional menggunakan alat pelindung kesehatan tambahan, seperti masker.

Rencananya, pertemuan akan berlangsung hari ini dan dihadiri oleh Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie, dan Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan, Heru Pambudi.

“ Kami mengharuskan semua petugas penerbangan dan pelabuhan internasional untuk menggunakan masker,” kata dia.

(Laporan: Michelle Rachel Evangelista Maramis)

1 dari 7 halaman

Liburan ke Raja Ampat, WN China Terduga Corona Diisolasi di RSUD Sorong

Dream - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sele be Solu di Kota Sorong, Papua Barat, menerima pasien rujukan dari rumah sakit swasta. Pasien tersebut diduga terjangkit virus corona.

Direktur RSUD Sele Be Solu, Mavkren Kambuaya, mengatakan pasien tersebut merupakan Warga Negara China asal Hunan berinisial YP, 39 tahun. Pasien tersebut kini tengah dirawat intensif dalam ruang isolasi.

YP merupakan warga China yang sedang berlibur ke kawasan Raja Ampat. Pria itu mengalami demam tinggi dan batuk.

 

 © Dream

 

Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan, membenarkan hal tersebut. Tetapi, belum dapat dipastikan apakah pasien tersebut positif terserang corona atau bukan.

" Benar ada satu orang di Sorong yang diduga terjangkit virus corona. Ini masih diduga, dia adalah wisatawan asal China yang mau ke Raja Ampat," ujar Otto, dikutip dari Liputan6.com.

 

2 dari 7 halaman

Pemeriksaan Medis WN China

Untuk mencegah penyebaran virus corona di Papua Barat, pemerintah setempat mewajibkan seluruh tenaga kerja asing asal China menjalani pemeriksaan medis.

Pemeriksaan akan dijalankan di setiap perusahaan yang mempekerjakan warga China.

" Ini sebagai langkah antisipasi, belum ditemukan kasus corona di Papua Barat tapi pencegahannya wajib dilakukan agar virus tersebut tidak menyebar dan mewabah," kata Otto.

Pemeriksaan juga dilakukan di tiap pintu masuk bandara dan pelabuhan. " Kami akan terus melakukan pemantauan, begitu pula teman-teman di Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota," kata dia.

Sumber: Liputan6.com

3 dari 7 halaman

Dua Pasien Terduga Terinfeksi Virus Corona di Indonesia Diisolasi

Dream - Penyebaran virus Corona novel atau 2019-nCoV telah memasuki sejumlah negara di dunia. Di Indonesia, dua rumah sakit dikabarkan tengah mengisolasi pasien yang diduga mengidap virus ini.

Seorang warga negara China berusia 31 tahun mendapat perawatan di ruang isolasi, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

Kepala Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSHS Bandung, Tommy Ruchimat menyebut, pasien tersebut mengalami demam tinggi. Dia mengatakan, pemeriksaan dilakukan dengan standar penanganan bagi pasien terduga terpapar virus Corona novel.

" Kita tetap menyiapkan bahwa ini pasien terduga corona virus itu. Jadi kita langsung periksa semuanya dengan perlengkapan. Kita juga punya APD khusus untuk penyakit kejadian luar biasa seperti ini. Ada perlengkapan proteksi diri khusus, kita siapkan dan saat ini pasiennya sudah ada di ruangan isolasi rawat inap,” kata Tommy dilaporkan Liputan6.com, diakses 27 Januari 2020.

Sementara Kepala Sub Bagian Humas RSHS Reny Meisuburryani menyatakan pasien suspect corona tersebut sudah ditangani di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK). Rencananya , semua keterangan mengenai pasien yang diisolasi tersebut akan disampaikan secara resmi pada Senin (27/1) pagi.

Penjelasan tersebut juga sudah diumumkan pengelola RSHS melalui akun sosial medianya.

Selain di Bandung, isolasi terhadap terduga pasien yang mengidap virus Corona novel juga terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi Tengah.

4 dari 7 halaman

Dokter Terus Pantau Kondisinya

Wakil Direktur Pelayanan dan Keperawatan RSUD Raden Mattaher Jambi, Dewi Lestari mengatakan pasien perempuan dewasa tersebut berada dalam penanganan di ruang isolasi. Dokter juga masih terus memantau kondisi pasien tersebut.

" Dari tim dokter sudah memberikan perawatan dan pelayanan sesuai dengan klinis dari pasien. Pasien ini ciri-cirinya ada gejala flu, demam, memang gejala yang muncul seperti sesak napas dan batuk," kata Dewi.

Pasien tersebut sebelumnya bepergian dari Wuhan China, yang merupakan asal mula virus Corona tersebut berasal.

" Kalau dia (pasien) warga mana belum bisa disampaikan karena ini lintas negara, jadi kita harus koordinasi. Tapi yang jelas pasien ini awalnya di screaning pertama di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Jambi," kata dia.

5 dari 7 halaman

Ngeri! Hotman Paris Unggah Video Tragedi Virus Corona Wuhan

Dream - Wabah virus corona dari China menggemparkan seluruh dunia. Kota Wuhan yang dulu ramai kini tampak sepi usai diisolasi pada 23 Januari 2020 lalu.

Peristiwa tersebut mengundang perhatian sejumlah publik figur, termasuk Hotman Paris. Penngacara kondang itu mengunggah video kengerian yang terjadi di Wuhan lewat Instagram.

Rak-rak di pasar swalayan tampak kosong melompong. Tak ada satu pun makanan yang tersisa. Warga setempat telah memboyong makanan tersebut ke kasir.

 coronacorona © Foto: Instagram @putridelinaa

Foto: Instagram @hotmanparisofficial

Adegan berikutnya memperlihatkan keributan yang terjadi di meja kasir. Warga saling berteriak dan memperebutkan barang belanjaan. Mereka memborong bahan pangan untuk persediaan makanan selama Wuhan diisolasi.

6 dari 7 halaman

Warga Berjatuhan

Kengerian juga tergambar lewat rekaman video di berbagai titik kota. Warga yang terjangkit virus Corona berjatuhan satu demi satu, tak mengenal di mana mereka tengah berada.

 coronacorona © Foto: Instagram @hotmanparisofficial

Foto: Instagram @hotmanparisofficial

Sebagian terkapar di pinggir jalan. Ada pula yang terbaring di sebuah toko, kamar mandi hingga di gerbong kereta.

Keributan juga terjadi di rumah sakit. Tenaga medis kewalahan menampung korban yang berjatuhan.

7 dari 7 halaman

Ini Kata Hotman Paris

Melihat keadaan Wuhan yang semakin genting, Hotman Paris berharap agar pemerintah memperketat keluar masuknya turis asing ke Indonesia.

" Pemerintah Ri harus segera stop masuk turis dari negri cina ke Indonesia terutama bali,"  tulis Hotman.

 coronacorona © Foto: Instagram @hotmanparisofficial

Foto: Instagram @hotmanparisofficial

Warganet langsung menanggapi komentar pengacara berdarah Batak itu. Mereka juga menginginkan hal serupa.

" Terutama bali adalah tempat pariwisata yang yang banyak di kunjungi turis dari berbagai dunia,dan jangan lupa di sana juga ada beberapa villa bang hotman,"  ujar @muhamadisya81

" Sangat SETUJU!"  sahut @genyasfm 

" Parno jd nya gegara berita virus itu,"  kata @vinaairen

" Uda kayak zombieland ya? Ngeri..."  sambung @andiakbar_74

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'