Bank Asal Indonesia Ini Raih Divisi Internasional Terbaik

Reporter : Ramdania
Jumat, 29 Agustus 2014 18:02
Bank Asal Indonesia Ini Raih Divisi Internasional Terbaik
Siapa sangka perbankan nasional mampu menoreh prestasi di dunia internasional. Contohnya, BNI yang menyabet penghargaan sebagai bank yang memiliki Divisi Internasional Terbaik Se-Asia Tenggara.

Dream - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatatkan prestasi menonjol dibandingkan bank-bank lain di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Prestasi terbaik yang pertama kali diraih BNI pada tahun 2014 adalah menjadi bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara. Pada saat yang sama, BNI tetap menjadi bank dengan layanan kepada nasabah kecil dan menengah serta layanan Cash Management terbaik di Indonesia.

Pengakuan tersebut diberikan oleh majalah Alpha Southeast Asia kepada Pemimpin Divisi Internasional BNI Abdulllah Firman Wibowo di Jakarta, pekan ini. Tiga penghargaan yang diberikan kepada BNI adalah The Best International Banking Division of The Year 2014 in Southeast Asia, The Best Cash Management Bank, dan The Best SME Bank in Indonesia.

Menurut Firman, penghargaan sebagai bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara diberikan kepada BNI karena dinilai unggul pada berbagai sudut penilaian, mulai dari kinerja bisnis, network coverage, dan strategi bisnis. BNI mengusung visi bisnis internasional: “ Bridging Indonesia and The World” hingga mendapatkan penilaian yang signifikan dalam survei yang dilaksanakan Alpha Southeast Asia.

“ Visi Bridging Indonesia and The World itu tidak sekadar slogan semata karena BNI memang serius menggarap bisnis internasionalnya, antara lain dengan terus memberikan solusi untuk kebutuhan nasabah,” tutur Firman dalam keterangan pers yang dikutip, Jumat, 29 Agustus 2014.

Firman menyebutkan, ada 5 lini bisnis utama yang digarap oleh Divisi Internasional BNI saat ini, yaitu Trade Finance, Remittance, Financial Institution, Japan Desk, dan Overseas Branch business. Dengan fokus pada kelima lini bisnis tersebut, BNI berhasil mencatatkan kinerja yang penting dalam bisnis internasionalnya.

Pada tahun 2012, pendapatan BNI dari bisnis internasional tercatat mencapai USD 77,62 juta atau meningkat 37% dari tahun 2011. Namun, pada tahun 2013 tercatat pendapatan BNI dari bisnis internasional ini mencapai USD 95,51 juta atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2014 ini, BNI memperkirakan pendapatan dari bisnis internasional akan menyentuh posisi USD 121,48 juta.

Sementara untuk kategori bank penyedia layanan Cash Management terbaik, BNI telah menyediakan kerangka layanan Cash Management yang terintegrasi serta lebih maju dibandingkan bank-bank lain. BNI telah menanamkan investasi yang signifikan dalam membangun pondasi yang kuat dalam menyediakan solusi, jasa konsultasi, dan pengelolaan kas yang sangat luas kepada nasabahnya. Atas upaya itulah, BNI mendapatkan kepercayaan untuk mengelola kas 2.000 klien korporasi dan 18.000 perusahaan kecil dan menengah.

Platform layanan Cash Management online unggulan yang disiapkan BNI adalah disebut BNIDirect. Pada saat penilaian untuk penghargaan Alpha Southeast Asia dilakukan, volume transaksi bulanan yang dilakukan melalui BNIDirect melonjak dari Rp 49 triliun pada Mei 2013 menjadi lebih dari Rp 56 triliun pada Mei 2014. Transaksi bulanan itu menghasilkan nilai akumulasi transaksi melalui BNIDirect telah tumbuh 12% dari Rp 240 triliun per Mei 2013 menjadi Rp 270 triliun pada Mei 2014.

Tingginya volume transaksi tersebut tidak terlepas dari cepatnya tingkat penciptaan produk Cash Management yang dilakukan BNI. Pada tahun 2013, BNI telah mengembangkan 25 layanan Cash Management baru serta lebih dari 50 produk yang diciptakan sesuai dengan keinginan masing-masing klien secara khusus. Hal inilah yang menyebabkan Alpha Southeast Asia tetap memberikan penghargaan The Best Cash Management in Indonesia kepada BNI.

Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi