Banyak Tagihan, Utang Mana Harus Dilunasi Duluan?

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 1 Maret 2016 09:46
Banyak Tagihan, Utang Mana Harus Dilunasi Duluan?
Punya utang kartu kredit, KPR, atau kredit kendaraan? mana yang harus diselesaikan jika Anda punya uang berlebih.

Dream - Banyak orang percaya bahwa utang kartu kredit adalah yang paling buruk dari semua jenis utang. Utang kartu kredit bisa menjadi masalah besar, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Namun, utang kartu kredit tidak selalu menjadi yang terburuk. Karena Anda mungkin punya utang lainnya yang perlu dilunasi lebih dahulu.

Hanya saja Anda perlu beberapa pertimbangan saat menentukan utang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Mendahulukan satu utang dari utang lainnya berimbas pada naik atau turunnya skor kredit Anda.

Mengutip laman cheatsheet.com, Selasa, 1 Maret 2016, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melunasi utang-utang kartu kredit Anda:

1. Menentukan utang yang terburuk

Utang kartu kredit bisa berbahaya karena adanya potensi tingkat suku bunga yang tinggi. Jika Anda hanya membayar saldo minimum, Anda mungkin akan butuh waktu yang lama untuk melunasinya.

Di sisi lain, Anda perlu mempertimbangkan utang mana yang aman atau tidak aman. Kartu kredit Anda mungkin menarik bunga yang lebih tinggi, tetapi Anda tentu tidak ingin kehilangan rumah dengan mengabaikan utang kredit properti.

National Debt Relief menulis bahwa utang terburuk adalah utang di mana Anda tidak dapat membayarnya tepat waktu. Ini akan mempengaruhi skor kredit Anda menjadi negatif, saldo minimum Anda bisa terus naik jika Anda tidak bisa melunasi utang kartu kredit, dan Anda mungkin perlu meminjam lebih banyak uang untuk menutupi semua itu.

2. Pertimbangkan skor kredit Anda

Jika Anda sering gagal membayar tagihan kartu kredit tepat waktu atau keseringan melewati limit, skor kredit Anda akan terpengaruh secara negatif. Skor kredit sangat penting karena beberapa alasan. Memiliki skor kredit yang kuat akan memudahkan Anda mendapat pinjaman. 

Melunasi utang saja tidak akan selalu mengubah skor kredit Anda dalam semalam. Jika Anda sering membuat banyak keputusan keuangan yang buruk, atau Anda sering telat membayar, Anda perlu untuk memperbaiki skor kredit Anda.

Menurut myFICO, Anda harus terlebih dahulu memeriksa laporan kredit Anda. Selanjutnya, mengatur jadwal pembayaran dan mengurangi jumlah utang. Jadi, selalu ingat bahwa selalu membayar utang tepat waktu, akan berpengaruh positif positif terhadap skor kredit Anda.

3. Pikirkan tentang tujuan Anda

Anda tentu tidak ingin jatuh ke dalam utang dengan bunga tinggi. Karena itu Anda harus mendahulukan utang dengan bunga yang tinggi. Semuanya tergantung pada tujuan Anda. Jika Anda ingin bebas utang pada tahun 2020, maka Anda perlu mulai membayar utang dari sekarang, dan Anda harus mendahulukan utang dengan bunga paling tinggi untuk menghindari terjebak utang yang lebih banyak.

4. Mengingat keuangan Anda

Anda sebaiknya membayar utang sesuai dengan kemampuan Anda. Agar pembayaran cicilan berjalan lancar, Anda perlu melihat utang secara jujur, dan menentukan seberapa banyak Anda mampu membayar setiap bulan. Jika Anda benar-benar terlibat utang yang serius, dan Anda berurusan dengan debt collector, Anda mungkin ingin mempertimbangkan cara yang bisa mengurangi utang Anda seperti melakukan konsolidasi pinjaman atau menunda pembayaran untuk alasan yang sah.

Anda juga dapat mempertimbangkan mengambil pekerjaan tambahan jika memungkinkan, atau memotong pengeluaran yang bisa mengurangi utang.

Namun dari seluruh solusi yang ditawarkan, tidak ada jawaban yang mudah saat menentukan utang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Untuk itu Anda dituntut untuk memikirkan kemampuan finansial Anda dalam membayar utang, memilah utang dengan bunga tertinggi, menentukan utang yang mempengaruhi skor kredit, dan memilih bagaimana membayar utang tertentu akan membantu atau menghalangi kemampuan Anda untuk memenuhi tujuan Anda.

Beri Komentar