Berhentilah Menjadi Workaholic, Lakukan 3 Aktivitas Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 27 Agustus 2018 09:44
Berhentilah Menjadi Workaholic, Lakukan 3 Aktivitas Ini
Kalau terus kecanduan bekerja, ini akan merugikan kamu.

Dream – Bekerja merupakan salah satu cara kita untuk memenuhi kebutuhan hidup. Biasanya orang akan bekerja antara pukul 9 pagi sampai 5 sore. Namun, itu tidak berlaku bagi sebagian orang.

Ada sebagian pegawai yang telah menjadi begitu kecanduan dengan bekerja. Tak ingat lagi jam kerja.

Dikutip dari Karir.com, Senin 27 Agustus 2018, kecanduan bekerja atau workaholic acapkali membuat kamu lupa waktu dan keluarga. Hal ini akan membawa dampak buruk untukmu.

Sebenarnya, bekerja keras untuk mencapai target boleh-boleh saja. Tapi, jangan sampai membuatmu menjadi seorang pecandu kerja. Kamu harus ingat tujuan bekerja.

Kamu juga harus pikir-pikir ulang dan mulailah lebih mencintai diri sendiri.

Begini caranya agar kamu tak menjadi seorang yang penggila kerja.

1 dari 3 halaman

Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah

Selama delapan jam kerja, kamu bisa memanfaatkan waktu semaksimal mungkimn untuk mengerjakan tugas kantor. Plus, menyelesaikannya.

Jangan membawa pekerjaan di rumah, ya, Sahabat Dream.© Shutterstock

Supaya tidak memboyong pekerjaan kantor ke rumah, lebih baik kamu membuat skala prioritas. Kerjakan tugas yang paling mendesak. Selain itu, usahakan datang tepat waktu dan menggunakan waktu istirahat siang dengan baik. Dengan begitu, kamu tak perlu membawa tugas kantor ke rumah dan bisa menghabiskan waktu pulang kerja bersama keluarga.

2 dari 3 halaman

Memanfaatkan Waktu Libur dengan Maksimal

Ketika akhir pekan atau hari libur, jangan pernah menyentuh pekerjaan atau apa pun yang berkaitan dengan kantor. Manfaatkanlah waktu akhir pekan atau hari libur dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat, entah itu keluarga atau sahabat.

Catat! Cara Hemat Berlibur di Kapal Pesiar© MEN

Orang yang menikmati liburannya dengan maksimal, terbukti lebih bahagia dan fresh. Orang ini juga punya pemikiran yang lebih baik dalam memandang pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jadi, jangan sia-siakan waktu libur, ya!

3 dari 3 halaman

Ingat, Kamu Makhluk Sosial

Jangan pernah egois terhadap diri sendiri. Ingat, kamu itu makhluk sosial yang memerlukan orang lain. Kalau kamu sosok yang egois dengan menghabiskan waktu demi pekerjaan, kamu akan jauh dengan orang-orang di sekitar kamu.

Tiru Korea Street Style Kaum Milenial di Seoul Fashion Week© MEN

Makanya, luangkan waktumu untuk berkomunikasi dan membangun hubungan sosial dengan orang-orang di lingkungan, seperti keluarga dan teman. 

Beri Komentar