Boneka Interakif Bikin Geger Jerman, Alasannya Mengerikan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 21 Februari 2017 07:15
Boneka Interakif Bikin Geger Jerman, Alasannya Mengerikan
Boneka yang cukup terkenal di negara lain ini dilarang dimainkan di Jerman.

Dream – Regulator Telekomunikasi Jerman meminta para orang tua di Jerman untuk menghentikan penggunaan boneka “ My Friend Cayla”. Mereka khawatir boneka interaktif itu digunakan untuk mengintip keluarga pemilik boneka.

Dilansir dari CNN Money, Selasa 21 Februari 2017, mereka meminta orang tua untuk menghancurkan mikrofon internal yang tertanam di boneka Cayla.

Sekadar informasi, boneka interaktif ini terhubung ke internet lewat bluetooth. Boneka ini dirancang untuk mendengarkan dan merespons pertanyaan seperti “ hewan apa yang tertinggi di dunia”. Jika ada pertanyaan itu, boneka berambut pirang ini akan menjawab “ jerapah”.

Boneka Cayla© itunes.com

Regulator Jerman mengatakan desain boneka tersebut melanggar ketentuan privasi. Mereka khawatir boneka tersebut digunakan untuk mengintip aktivitas keluarga.

“ Kepemilikan alat ini ilegal. Kami meminta warga negara untuk menghancurkan alat itu,” kata juru bicara regulator telekomunikasi Jerman, Olaf Peter Eul.

Distributor boneka Cayla di Jerman, Vivid, mengatakan masalah tersebut adalah masalah yang serius. Pihaknya akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan di Jerman untuk mencari solusinya. Produsen Cayla, Genesis, belum memberikan tanggapan terhadap masalah ini.

calya 3© nighthelper.com

Menurut aturan di Jerman, produk yang ada kamera, mikrofon, dan rekaman yang terlihat oleh mata adalah produk yang legal. Namun, produk yang menggunakan kamera atau mikrofon tersembunyi itu termasuk ke dalam yang ilegal.(Sah)

Beri Komentar