Buat Tabungan dalam Lemari, Mungkin Saja

Reporter : Ramdania
Senin, 28 Juli 2014 11:30
Buat Tabungan dalam Lemari, Mungkin Saja
Siapa sangka memotong uang belanja harian dan uang makan di luar memberikan dampak yang cukup signifikan. Setidaknya, ada uang simpanan di lemari Anda yang bisa digunakan untuk keperluan mendadak.

Dream - Banyak orang mengabaikan penghematan dari anggaran belanja di toko atau pembelian makanan. Hal ini karena anggaran tersebut merupakan anggaran bulanan wajib dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Padahal, jika Anda bisa memangkas pengeluaran belanja ini maka Anda bisa menemukan jumlah yang cukup signifikan. Anda bisa memiliki tabungan kecil-kecilan dalam lemari Anda. Namun, bagaimana cara memotong biaya belanja makanan dan belanja lainnya.

Langkah pertama dengan menemukan pengeluaran Anda yang berlebihan. Selain itu, makan di rumah juga bisa menghemat anggaran belanja cukup besar. Namun, penghematan ini harus dilakukan secara bijaksana. Anda bisa mengikuti poin berikut ini seperti yang dikutip dari Gulf News, Senin, 28 Juli 2014.

1. Cari Kebiasaan Buruk

Anda tidak perlu mempelajari aktivitas belanja Anda selama 6 bulan untuk mengetahui pola belanja Anda. Yang diperlukan adalah menuliskan kebiasaan buruk Anda, seperti menyisakan makanan di kulkas, sering ke toko, sering makan di luar, dan lain-lain.

Setelah Anda akui hal tersebut merupakan kesalahan, Anda bisa membuat rencana belanja secara hati-hati dengan menghindari pemborosan dan pengeluaran yang tidak perlu.

Kebiasaan buruk ini merupakan dampak dari ketidaksiapan rencana belanja. Untuk itu, Anda harus mengatur waktu dan menyiapkan rencana untuk belanja. Misalnya, pilih waktu di mana toko tidak ramai sehingga Anda bisa membandingkan harga dan memastikan barang apa yang benar-benar Anda perlukan sehingga menghindari belanja impulsif.

2. Kreatif

Internet menawarkan berbagai informasi mengenai resep memasak dari yang paling mudah hingga yang rumit. Kini saatnya Anda menggunakan kemampuan Anda dalam memasak sehingga bisa membantu Anda menghemat pengeluaran.

3. Buat Daftar Makanan

Dengan mengetahui pola makan anggota keluarga, Anda dapat meminimalisasi bahan makanan yang terbuang. Jika Anda makan di luar, Anda bisa membungkus makanan yang tidak termakan dan diolah kembali saat di rumah.


4. Beli Makanan yang Disukai Keluarga

Cari makanan keluarga yang benar-benar disukai seluruh anggota, kemudian kembali beli bahan makanan tersebut. Jika Anda mencoba membuat resep baru maka jangan dibuat terlalu banyak. Dengan demikian, Anda bisa berbelanja sesuai kebutuhan dalam sekali belanja, kecuali untuk sayuran yang tidak tahan lama.


5. Membuat Tema Makan Malam

Untuk membangun semangat anggota keluarga makan di rumah maka Anda bisa memperkenalkan tema makan malam atau membuat makan malam spesial. Kehadiran seluruh anggota keluarga dalam makan malam bisa memotong belanja makanan Anda secara signifikan.

Beri Komentar