Bukti Bank Syariah Malaysia Unggul dari Indonesia

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 10 Mei 2016 12:14
Bukti Bank Syariah Malaysia Unggul dari Indonesia
Dari berbagai faktor, Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia. Ini Buktinya

Dream - Lembaga pemeringkat internasional Moody's Investors Service menilai pertumbuhan industri perbankan syariah Malaysia masih unggul dari Indonesia. Pertumbuhan aset dan stabilitas bank syariah Malaysia dianggap lebih baik.

" Kinerja bank syariah Malaysia terlihat dari stabilnya unit bisnis bank, penetrasi pasar yang lebih dalam, serta dukungan aturan jangka panjang," kata analis senior Moody's. Simon Chen.

Kinerja bank di kedua negara memang mencatat pertumbuhan yang melambat di sektor syariah akibat perlambatan laju ekonomi.

Bahkan kinerja bank syariah di Indonesia jauh lebih terlihat dengan hanya mencetak pertumbuhan di bawah 10 persen pada 2014 dan 2015. Padahal pada 2011, pertumbuhannya sanggup mencapai di atas 50 persen.

" Sebaliknya, di sektor yang sama di Malaysia sepanjang 2014-2015 tercatat melampaui rata-rata pertumbuhan pinjaman konvensional," kata Chen mengutip laman nst.com.my, Selasa, 10 Mei 2016.

Aset bank syariah Malaysia juga sudah mencapai 27 persen dari total seluruh bank. Ini lebih tinggi dari Indonesia yang cuma 5 persen.

Malaysia juga harus diakui unggul dari hal keragaman portofolio produk syariah.

Sementara untuk rasio pembiayaan bermasalah (NPF), bank syariah Malaysia justru mencetat penurunan lebih besar di bandingkan bank konvensional. Berbeda dengan Indonesia dimana rasio NPF bank syariah justru meningkat lebih tinggi dari konvensional.

" Situasi ini menggambarkan peran pioner Malaysia dalam membangun aturan hukum, perpajakan, dan kerangka kebijakan yang lebih lengkap dalam memfasilitasi keuangan syariah," tutup Chen.

Beri Komentar