Cara Mengecek Porsi Haji Melalui Situs Resmi dan Aplikasi, Ketahui Juga Persiapannya

Reporter : Arini Saadah
Kamis, 30 Desember 2021 16:35
Cara Mengecek Porsi Haji Melalui Situs Resmi dan Aplikasi, Ketahui Juga Persiapannya
Sangking banyaknya kuota orang yang mendaftarkan haji, akibatnya pemerintah harus membuat waiting list atau daftar tunggu.

Dream – Ibadah haji merupakan rukun Islam ke lima. Rukun Islam adalah sebagai dasar agama yang biasanya diajarkan sejak dini agar umat Muslim dapat meneladani dan memahami selama hidupnya. Rukun Islam memiliki pondasi yang kuat bagi uamt Islam supaya imannya senantiasa terjaga dan tidak goyah.

Haji menurut istilah adalah berziarah ke Mekah dengan mengunjungi tempat-tempat tertentu pada waktu-waktu tertentu pula untuk melakukan ibadah dan amalan yang sudah ditetapkan. Tempat yang diziarahi adalah Ka’bah, Padang Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Dalil tentang kewajiban ibadah haji tertuang dalam Al-Quran Surat Al Imran ayat 97:

“ Dan kewajiban manusia (kepada Allah) bagi yang sudah mampu melaksanakan ibadah haji, adalah segera dengan segera menunaikannya.”

Ibadah haji dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan waktu pelaksanaannya. Sementara itu, ibadah haji harus dilaksanakan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah.

Karena semua umat Islam di seluruh dunia ini memiliki keinginan untuk melakukan ibadah haji, maka setiap negara memiliki prosedur administrasi masing-masing. Hal ini dilakukan agar setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk beribadah haji ke Mekah.

Sangking banyaknya kuota orang yang mendaftarkan haji, akibatnya pemerintah harus membuat waiting list atau daftar tunggu. Bagi yang sudah mendaftar untuk pergi haji, jemaah akan memiliki nomor porsi dan berharap untuk bisa segera berangkat haji. Lalu bagaimana cara mengecek porsi haji? Yuk simak cara mengecek porsi haji berikut ini, dilansir dari kemenag.go.id.

1 dari 4 halaman

Cara Mengecek Porsi Haji

Ilustrasi© Pexels.com

Hampir di setiap negara dihuni oleh umat Muslim yang tentunya ingin beribadah ke Tanah Suci agar rukun Islamnya menjadi sempurna. Sangking banyaknya orang yang mendaftar haji, maka kuota haji menjadi membludak. Akibatnya daftar antriannya semakin bertambah lama.

Hasilnya kuota dan jadwal keberangkatan menjadi tidak seimbang. Maka dari itu, bagi umat muslim yang sudah mendaftar untuk berangkat haji, mereka akan diberi nomor porsi untuk mengetahui jadwal keberangkatan hajinya.

Cara mengecek porsi haji bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin maju. Bahkan Kementrian Agama Indonesia juga sudah memberikan kemudahan bagi Jemaah untuk mengetahui porsi keberangkatan haji.

Hal ini dilakukan dengan cara memantau nomor porsi secara online menggunakan fasilitas yang diberikan melalui situs resmi Kementerian Agama RI.

2 dari 4 halaman

Cara Mengecek Porsi Haji Melalui Situs

Setelah Sahabat Dream mendaftar, maka diharuskan bagi jemaah untuk menyetorkan uang sebanyak Rp25 juta ke Bank Penerima Setoran (BPS).

Kemudian, setelah itu jemaah akan diberi nomor porsi haji yang terdiri dari 10 digit. Nomor porsi itu tertera pada bukti setoran awal Biaya Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji atau BPIH dari Bank.

Ketika jemaah sudah mendaftar maka untuk mengetahui perkiraan keberangkatan, bisa memantaunya secara online melalui  fasilitas yang diberikan situs resmi kemenag.

Cara mengecek porsi haji yang pertama adalah dilakukan secara online dengan membuka link haji.kemenag.go.id.

  • Buka situs https://haji.kemenag.go.id/v3
  • Pilih menu dropdown “ basis data”
  • Pilih estimasi keberangkatan
  • Masukan 10 digit nomor porsi di kolom pencarian
  • Klik cari,
  • Muncullah jadwal keberangkatanmu.
3 dari 4 halaman

Cara Mengecek Porsi Haji Lewat Aplikasi

Ilustrasi© Pexels.com

Sedangkan cara mengecek porsi haji yang kedua adalah melalui aplikasi di smartphone: Cara mengecek porsi haji melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka playstore atau Appstore di smartphone.
  • Tulis “ Haji Pintar" di kolom pencarian.
  • Unduh aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi.
  • Pilih menu “ estimasi keberangkatan”.
  • Masukan 10 digit nomor porsi keberangkatan.
  • Klik submit.
  • Muncullah jadwal porsi keberangkatan haji kamu.
4 dari 4 halaman

Persiapan Keberangkatan Ibadah Haji

Setelah mengetahui cara mengecek porsi haji dengan kedua cara di atas, selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkannya. Berikut persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum jadwal keberangkatan haji:

  • Mendalami pengetahuan terkait ibadah haji, mulai dari rukun, syarat-syarat, bacaan doa, aturan, dan lain sebagainya tentang ibadah haji.
  • Melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para calon jemaah haji, yaitu pemeriksaan fisik umum dan pemeriksaan fisik penunjang.
  • Agar kondisi tetap prima hingga keberangkatan haji nanti, jemaah harus menerapkan pola hidup sehat dengan rajin  olahraga minimal berjalan kaki selama 30 menit setiap harinya, minum air minimal 3 liter dalam  1 hari, makan makanan yang bergizi 4 sehat 5 sempurna.
  • Melakukan packing barang bawaan
  • Vaksinasi menjadi syarat penting untuk jemaah agar dapat bepergian ke berbagai tempat, salah satunya pergi ke Tanah Suci. Hal ini bertujuan agar Jemaah terhindar dari Covid-19 dan memutus rantai penyebaran Covid-19.
  • Selain ibadah, salah satu agenda Jemaah haji adalah berburu oleh-oleh di Tanah Suci. Agar tidak ketinggalan rombongan, sebaiknya persiapkan dulu uang agar kamu mudah bertransaksi disana.
  • Persiapkan Obat-obatan.
  • Sediakan pulsa dan kuota internet agar tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga di rumah selama berada di Tanah Suci.
Beri Komentar