Cara Sholat Subuh Tanpa Qunut, Beserta Perbedaan Pendapat Para Ulama

Reporter : Arini Saadah
Senin, 31 Januari 2022 17:47
Cara Sholat Subuh Tanpa Qunut, Beserta Perbedaan Pendapat Para Ulama
Kedua pendapat itu berangkat dari hadis-hadis yang sahih.

Dream – Allah SWT memerintahkan umat Muslim untuk menjalankan sholat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari. Meninggalkan sholat fardhu akan mendapat balasan berupa siksa neraka yang pedih.

Melaksanakan sholat fardhu harus didasari keikhlasan beribadah kepada Allah SWT. Namun dalam beberapa waktu, seseorang akan berat menjalankan ibadah sholat fardhu. Salah satu yang berat dijalankan adalah sholat subuh.

Dibandingkan empat waktu lainnya, sholat subuh memang dikerjakan pada pagi hari yaitu mulai munculnya fajar hingga menjelang terbitnya matahari. Namun sebaiknya cara sholat subuh dilakukan ketika hari masih gelap seperti yang selalu dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Terdapat perbedaan cara melaksanakan sholat subuh, yaitu pendapat yang menganjurkan qunut dan pendapat yang tidak menganjurkannya. Namun kedua pendapat itu berangkat dari hadis-hadis yang sahih. Sehingga umat muslim melaksanakan cara sholat subuh sesuai dengan mazhab yang dianutnya.

Namun bagaimana cara sholat subuh tanpa qunut? Cara sholat subuh tanpa qunut sebenarnya sama dengan sholat subuh dengan qunut. Perbedaannya terletak pada ada tidaknya pelaksanaan qunut. Agar lebih jelasnya berikut Dream paparkan cara sholat subuh tanpa qunut.

1 dari 4 halaman

Perbedaan Pendapat Qunut Sholat Subuh

Sebelum membahas tentang cara sholat subuh tanpa qunut, kita juga perlu mengetahui perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang qunut.

Persoalan membaca doa qunut ketika sholat subuh memunculkan perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Menurut Imam abu Hanifah, qunut disunahkan pada sholat witir yang dilakukan sebelum ruku'. Sedangkan saat sholat subuh, beliau tidak menyebut qunut sebagai sunnah.

Sementara itu, Abu Yusuf dari merupakan ulama mazhab Hanafi mengatakan jika seorang imam sedang qunut, maka makmum sebaiknya mengikuti imam. Karena imam itu harus diikuti.

Sedangkan Imam Malik berpendapat qunut merupakan ibadha sunah pada sholat subuh dan lebih afdhol dilakukan sebelum ruku' meski boleh juga dilakukan setelah ruku'.

Menurut pendapat Imam Syafi’i, qunut hukumnya sunnah pada sholat subuh dan dilakukan sesudah ruku’ pada rakaat kedua.

Sedangkan pendapat Imam Ahmad bin Hanbal menyebutkan bahwa qunut adalah sunah pada sholat witir setelah ruku'. Namun menurut beliau, qunut bukanlah sunah pada sholat subuh.

2 dari 4 halaman

Pendapat Sunnah Muakkadah

Ilustrasi© Shutterstock.com

Sebagian ulama berpendapat bahwa hukum qunut pada sholat subuh adalah sunnah muakkadah. Terdapat tiga macam qunut yang disunahkan yaitu qunut saat sholat subuh, qunut witir pada separuh akhir Ramadhan, dan qunut nazilah. Menurut Imam Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar menyatakan:

“ Qunut sholat subuh disunahkan berdasarkan hadits shahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadits riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in. Ia mengatakan, itu hadits shahih."

Lebih lanjut, Imam Nawawi juga menjelaskan hukum qunut sholat subuh adalah sunah muakkadah. Artinya jika meninggalkannya tidak membatalkan sholat. Qunut sholat subuh termasuk ke dalam jajaran sunah ab’ad, yaitu ketika tidak dilaksanakann tidak sampai membatalkan sholat namun dianjurkan menggantinya dengan sahwi.

Sehingga dalam pendapat yang satu ini, cara melaksanakan sholat subuh tanpa qunut tidaklah dianjurkan.

3 dari 4 halaman

Bacaan Niat Sholat Subuh Tanpa Qunut

Sebelum lanjut ke pembahasan cara sholat subuh tanpa qunut, ada bacaan niat yang perlu diketahui. Bacaan niat sholat subuh tanpa qunut sama dengan sholat subuh yang ada qunutnya.

Niat Sholat Subuh Sendiri

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, karena allah ta’ala.

Niat Sholat Subuh Sebagai Imam

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai imam, karena allah ta’ala.

Niat sholat subuh Sebagai Makmum

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا لله تَعَالَى

Usholli fardlo-subhi rak’ataini mustaqbilal qiblati makmuuman lillahi ta’ala.

Artinya: Saya berniat mengerjakan sholat fardhu subuh sebanyak dua rakaat dengan menghadap kiblat, sebagai makmum, karena allah ta’ala.

4 dari 4 halaman

Cara Sholat Subuh Tanpa Qunut

Cara sholat subuh tanpa qunut sangatlah mudah untuk dilakukan. Jika kamu adalah penganut mazhab yang tidak menganjurkan qunut pada sholat subuh, berikut terdapat cara sholat subuh tanpa qunut yang perlu kamu perhatikan.

  1. Membaca niat sholat subuh yang sudah dijelaskan di atas.
  2. Takbiratul ihram dengan mengucapkan Allahu akbar. Pandangan mata melihat ke arah tempat sujud, tangan disedekapkan pada posisi tangan kanan di atas tangan kiri.
  3. Disunahkan membaca doa iftitah.
  4. Membaca surat Al Fatihah.
  5. Membaca salah satu surat dari Al Quran.
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah.
  7. I’tidal dengan tuma’ninah.
  8. Sujud dengan tuma’ninah.
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah.
  10. Sujud kedua sambil membaca bacaan sujud.
  11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama pada rakaat pertama.
  12. Duduk tasyahud akhir.
  13. Membaca tasyahud akhir dan sholawat Nabi.
  14. Mengucap salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri.

Itulah rangkaian cara sholat subuh tanpa qunut dan pembahasan tentang perbedaan pendapat tentang qunut.

Sholat subuh baik dengan qunut maupun tanpa qunut sama-sama baik di hadapan Allah SWT. Namun hendaknya melaksanakannya sesuai dengan mazhab yang dianut, agar tidak terjadi talfiq atau mencampuradukan pendapat satu ulama dengan ulama yang lain yang bertujuan untuk mencari mudahnya saja.

 

Sumber: dalamislam.com, madaninews.id, merdeka.com, berbagai sumber.

Beri Komentar