Jusuf Kalla Telepon Sri Mulyani Soal Ancaman Krisis 2023: 'Jangan Takut-takuti Orang Tahun Depan Akan Kiamat'

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 29 Oktober 2022 18:46
Jusuf Kalla Telepon Sri Mulyani Soal Ancaman Krisis 2023: 'Jangan Takut-takuti Orang Tahun Depan Akan Kiamat'
"Saya bilang pada Sri Mulyani, jangan takut-takuti orang tahun depan akan kiamat. Saya telepon, jangan begitu, jangan kasih takut semua orang," katanya.

Dream - Jusuf Kalla meminta Menteri Keuangan, Sri Mulyani, tak menakut-nakuti masyarakat soal ancaman krisis ekonomi pada 2023. Mantan wakil presiden itu bahkan sampai menelepon Sri Mulyani untuk menyampaikan permintaannya tersebut.

" Saya bilang pada Sri Mulyani, jangan takut-takuti orang tahun depan akan kiamat. Saya telepon, jangan begitu, jangan kasih takut semua orang," kata Jusuf Kalla dalam peringatan 70 Tahun Kalla Group di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat 28 Oktober 2022.

Menurut politisi senior Partai Golkar tersebut, adanya krisis tak hanya membawa masalah, namun juga bisa membawa manfaat. " Krisis itu ada yang (membawa) masalah, ada yang bermanfaat," ucapnya.

Dia menyampaikan agar pemerintah lebih optimistis menghadapi ancaman krisis dan tak perlu menakuti masyarakat. Sebab Indonesia merupakan negara yang luas, ketika adanya krisis tak semua wilayah mengalami krisis yang sama.

" Ini negeri luas tidak semuanya (krisis), kalau ada masalah, hadapi, kita jangan takut," tegas JK.

1 dari 2 halaman

JK menambahkan, bahkan Indonesia tidak mengalami krisis energi dan pangan seperti negara lain yang telah merasakannya. Indonesia merupakan negara kaya yang mempunyai banyak komoditas.

Salah satunya cadangan beras yang dimiliki, sehingga soal potenis krisis pangan Indonesia tak akan mengarah ke sana. Begitu pula dengan ketersediaan energi. 

" Beda kita dengan negara lain yang enggak punya energi. Jadi kita harus optimis, ada masalah hadapi," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan bahwa ekonomi global yang diprediksi 'gelap' oleh Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) bukan sebagai bentuk menakut-nakuti. Menurutnya ini hanyalah sebagai kewaspadaan.

Sri Mulyani, tahun depan Indonesia diperkirakan masih bisa menjaga pertumbuhan ekonomi. Namun, tekanan akan muncul bertubi-tubi karena seperti apa yang disampaikan IMF bahwa tahun 2023 akan gelap.

" Itu yang disebutkan gelap, kalau saya mengatakan begitu saya dianggap menakut-nakuti, tapi sebetulnya enggak, hanya ingin menyampaikan bahwa risiko itu sangat ada dan oleh karena itu kita harus waspada," kata Menkeu dalam Leaders Talk Series #2 dengan tema ‘Indonesia Energy Investment Landscape’, Rabu, 26 Oktober 2022

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar