Perusahaan Leasing Sumringah Jika DP Mobil 0%

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 12 Agustus 2016 13:28
Perusahaan Leasing Sumringah Jika DP Mobil 0%
Mandiri Tunas Finance bahkan siap menjalankan program lama yang sudah dihentikan.

Dream – Kebijakan uang muka (down payment) untuk kendaraan bermotor sebesar 0 persen masih dikaji regulator. Jika terealisasi, kebijakan ini akan menjadi peluang bagi PT Mandiri Tunas Finance untuk meraup pembiayaan baru.

“ Kalau di-launching, itu opportunity untuk kami. Itu opportunity untuk car ownership program. Kalau kebijakan DP 0 persen ini dibuka, kami akan lari ke sana,” kata Direktur Marketing MTF, Harjanto Tjitohardojo, kepada Dream di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di International Convention and Exhibition BSD City, Serpong, Banten, ditulis Jumat 12 Agustus 2016.

Harjanto mengatakan perusahaan pembiayaan ini awalnya punya program kepemilikan mobil untuk karyawan. Ketika itu, uang mukanya sebesar 5 persen. Setelah aturan uang muka ditentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebesar 15-20 persen, progam ini berhenti.

“ Waktu dinaikkan menjadi 20 persen, itu perusahaannya stop karena mahal investasinya. Programnya menjadi bermasalah,” kata dia.

Harjanto mengatakan risiko kredit bermasalah (non performing finance) dari program ini kecil karena pembayaran cicilannya dipotong dari gaji karyawan.

Sementara itu, kebijakan ini akan memberikan risiko jika diberikan kepada sektor ritel. Mereka pun tengah mengkaji kebijakan uang muka 0 persen ke sektor ritel. “ DP semakin besar itu berarti bunga semakin turun karena risiko semakin kecil. Kalau untuk ritel, kami akan kaji dulu karena itu berkaitan dengan NPF,” kata dia.

Beri Komentar