Keliru Simpan Uang Rp58 Triliun, CEO Mundur

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 16 Februari 2017 09:44
Keliru Simpan Uang Rp58 Triliun, CEO Mundur
Lho, ada apa, ya?

Dream – Pimpinan Toshiba Corporation, Shigenori Shiga, mendadak mengundurkan diri. Pengunduran ini akibat investasi Toshiba di bisnis nuklir bermasalah.

Dilansir dari CNN Money, Kamis 16 Februari 2017, pengunduran ini dilakukan pada Selasa 14 Februari 2017 setelah perusahaan mengumumkan investasi sebesar US$6,3 miliar (Rp83,91 triliun) di Amerika Serikat, bermasalah.

Angka ini membuat raksasa teknologi Jepang ini merugi US$4,4 miliar (Rp58 triliun) hingga 31 Desember 2016. Kerugian yang memicu kekhawatiran dari berbagai pihak apakah perusahaan tersebut bisa bertahan atau tidak.

Pengumuman secara mendadak ini membuat harga saham Toshiba anjlok 10 persen sejak pengumuman laporan keuangan itu.

Pada akhir Desember 2016, Toshiba memang telah diperingatkan akan potensi kerugian miliaran dolar AS jika berinvestasi di bisnis nuklir di bisnis konstruksi nuklir yang didapatnya pada tahun 2015. Ternyata, angka kerugiannya lebih besar daripada yang ditakutkan.

Perusahaan tersebut pun mempertimbangkan untuk menjual saham di bisnis memory chip untuk menggalang pendanaan. Toshiba mengatakan angka yang diumumkan ini hanyalah sementara. Namun, tidak bisa diprediksi apakah audit bisa dilaporkan bulan depan karena mereka fokus menginvestigasi proses akuntansi divisi nuklir di Amerika Serikat. Toshiba mengakui investasi di sektor nuklir ini salah langkah.

“ Kami bisa merevisi bisnis nuklir pada masa depan jika dibutuhkan,” kata CEO Toshiba, Satoshi Tsunukawa.(Sah)

Beri Komentar