Garuda Indonesia Bukan Lagi Maskapai `Nakal`

Reporter : Syahid Latif
Senin, 12 Januari 2015 18:10
Garuda Indonesia Bukan Lagi Maskapai `Nakal`
Garuda mengakui adanya empat rute penerbangan yang dianggap Kemenhub melanggar ketentuan. Rute mana saja itu?

Dream - Sempat membantah temuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait maskapai yang melanggar izin penerbangan, Garuda Indonesia mengaku telah menyatukan dua rute yang disebut tak sesui ketentuan.

Sebelumnya Kemenhub menyebut Garuda memiliki empat rute yang tak sesuai izin penerbangan. Keempat rute tersebut adalah Sektor Makassar–Medan dengan nomor penerbangan GA-626 dan sektor Medan–Jeddah sebagai GA986. Dua nomor lainnya adalah rute Jeddah–Medan sebagai GA-987, dan Medan–Makassar sebagai GA-627.

Dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Dream, Senin, 12 Januari 2015, Kemenhub menyebut penerbangan Garuda Indonesia rute Makassar–Medan–Jeddah yang seharusnya sudah dioperasikan menggunakan satu nomor penerbangan ternyata tercatat masih menggunakan dua nomor penerbangan.

" Hal ini dinilai telah melanggar perizinan," ujar VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Pujobroto.

Dengan pemberitahuan ini, maskapai pelat merah ini mengaku telah menyatukan nomor penerbangan tersebut menjadi hanya satu nomor penerbangan.

Manajemen Garuda menjelaskan, sesuai izin yang diberikan Kemenhub, pada 16 Desember maskapainya telah melayani penerbangan tersebut diatas dengan dua nomor penerbangan.

Selanjutnya Garuda Indonesia mengajukan permohonan perubahan untuk menjadi satu nomor penerbangan internasional dari Makassar–Medan–Jeddah dengan nomor penerbangan GA-986/GA-987 efektif tanggal 1 Januari 2015.

Sayang, hingga 9 Januari Kemenhub menemukan Garuda masih melaksanakan penerbangan rute Makassar–Medan–Jeddah dengan nomor penerbangan GA-626 dan GA-986. Sementara tute Jeddah–Medan–Makassar dengan nomor penerbangan GA987 dan GA-627.

Dengan adanya teguran dari Kemenhub, Garuda Indonesia mengaku segera melakukan langkah perbaikan. Alhasil, sesuai persetujuan yang diberikan Kemenhub, penerbangan tersebut beroperasi dengan satu nomor penerbangan, yaitu GA-986 (rute Makassar – Medan Jeddah), dan GA-987 (rute Jeddah- Medan –Makassar). (Ism)

Beri Komentar