Melalui Program Ini, Gojek Mendorong Bisnis UMKM Agar Bisa Mengembangkan Bisnisnya. (Foto: Dream.co.id/Tri Yuniwati Lestari)
Dream – PT Gojek Indonesia mendorong pengusaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas. Perusahaan ini meluncurkan program pelatihan bisnis lewat Gojek Wirausaha.
Dengan program ini peserta UMKM akan mendapatkan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis dengan cara masuk ke dunia digital.
“ Kami di Gojek percaya basis UMKM yang besar di tanah air berpotensi untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Chief Commercial Expansion Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, di Jakarta, Rabu 20 Februari 2019.
Catherine menjelaskan masih banyak pengusaha UMKM yang kesulitan masuk pasar digital karena keterbatasan akses pasar dan teknologi. Tantangan lain adalah perilaku para pengusaha UMKM yang merasa sudah nyaman dengan bisnisnya saat ini.
Perusahaan yang dirintis Nadiem Makarim ini bertekad mengajak UMKM keluar dari zona nyaman dan memberikan kesempatan bagi UMKM berkembang dengan teknologi.
“ Lewat pelatihan ini, Gojek menyediakan paket lengkap baik bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul,” kata dia.
Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia tahun 2018, 99 persen industri Indonesia ditopang oleh UMKM. Dengan total 62 juta unit yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara, UMKM menjadi solusi dalam menciptakan banyak lapangan kerja
Vice President Public Affair Gojek, Astrid Kusumawardhani, menambahkan program ini akan menghadirkan sejujmlah pakar wirausaha dan UMKM yang telah sukses naik kelas. Dari kerjasama ini diharapkan akan lahir materi pelatihan dan modul tips bisnis yang berguna bagi UMKM.
“ Tahun ini, kami menargetkan 35 ribu pelaku UMKM di 25 kota di Indonesia bisa ikut dalam pelatihan Gojek Wirausaha dan meningkatkan skala bisnis,” kata dia.
Setelah pelatihan, peserta UMKM dapat mendaftarkan usahanya ke dalam platform Go-Food, Go-Pay, serta Arisan Mapan. Hal ini menjadi nilai tambah agar para pelaku UMKM bisa langsung memasarkan, menjual, dan mengembangkan usahanya secara digital.
Chief Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho, mengatakan inovasi Gojek ini sejalan dengan upaya pemerintah memajukan bisnis UMKM. “ Kami, saat ini, semangat melihat keaktifan pemerintah Indonesia melalui berbagai kementerian dan lembaga dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM,” kata Shinto.
(Sah, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib