Jokowi Minta Menteri Habis-habisan Bangun Citra Indonesia

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 3 Februari 2017 18:39
Jokowi Minta Menteri Habis-habisan Bangun Citra Indonesia
Presiden ingin para menteri habis-habisa membangun nation branding di dunia internasional.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak puas dengan citra Indonesia di dunia Internasional. Dari sehi perdagangan, investasi, dan pariwisata, presiden menilai brand power Indonesia masih kalah.

Para menteri diinstruksikan untuk meniru langkah negara lain yang habis-habisan menggarap nation branding mereka.

" Mereka juga berlomba-lomba membangun reputasi di dunia dengan cara soft power. Melalui diplomasi kebudayaan film, diplomasi kuliner, sampai diplomasi olahraga,” papar Presiden dalam pengantarnya saat memimpin rapat terbatas terkait lanjutan pembahasan Nation Branding, di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat, 3 Februari 2017.

Dari data yang diperoleh presiden terungkap brand power Indonesia berada pada posisi 6,4 persen. Kalah jauh dari Singapura yang hampir mencapai 10 persen dan sedikit di bawah nilai Thailand.

" Posisi ini berada di bawah rata-rata dunia yang mencapai 7,7 persen,” kata Presiden Jokowi.

Untuk bidang pariwisata, brand power Indonesia berada pada angka 5,2 persen. Angka itu berada di bawah Thailand, sebesar 9,4 persen yang memimpin di Asia serta Singapura yang angkanya 8,6 persen.

Didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Jokowi meminta para menteri untuk menelusuri kekuatan dan kelemahan dalam brand power. Selain itu pemerintah juga akan mencari tahu apa saja persepsi yang positif dan negatif tentang Indonesia.

Secara khusus, Jokowi meminta setiap kementerian/lembaga (KL) tak berjalan sendirian saat membangun citra Indonesia di dunia internasional. Dia mencontohkan slogam dua kementerian yang berbeda saat mempromosikan Indonesia di luar negeri.

Masalah nation branding, lanjut Jokowi, bukan sebatas membuat logo atau menemukan tagline, slogan. Reputasi positif yang dibangun harus betul-betul dirasakan orang ketika datang ke Indonesia.(Sah) 

Beri Komentar