Angkutan Umum Karya Anak Bangsa Ini Tak Kalah dari Buatan Luar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 Mei 2016 09:02
Angkutan Umum Karya Anak Bangsa Ini Tak Kalah dari Buatan Luar
Jangan salah, anak-anak bangsa sudah bisa memproduksi kendaraan umum sendiri. Bahkan, kendaraan umum yang populer di luar negeri.

Dream - Transportasi umum adalah hal yang sangat penting, terutama di perkotaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pergerakan orang-orang.

Dengan kendaraan transportasi yang memadai, masyarakat akan senang menggunakannya. Selain nyaman, penggunaan transportasi umum pun juga akan menghemat pengeluaran.

Sayangnya, di Indonesia, transportasi umum belum memadai. Selain rawan macet dan rawan kejahatan, banyak kendaraan yang masih rusak. Publik juga memilih kendaraan pribadi karena kendaraan pribadi dirasakan lebih aman dan nyaman.

Anak-anak bangsa pun membuat alat transportasi umum untuk menyediakan kendaraan umum yang memadai. Karya-karya mereka itu tidak kalah hebat dengan angkutan umum di luar negeri. Apa saja?

1. UTM-125

Salah satu alat transportasi yang sudah terkenal di luar negeri. Di Indonesia, purwarupa (prototype) monorel pun sudah dibuat. Namanya, UTM-125 yang berarti Urban Transit Monorel yang bisa mengangkut 125 penumpang. Sayangnya, UTM-125 ini tinggal menunggu pemesanan untuk produksi massal. Plus, belum ada daerah yang menggunakan monorel sebagai alat transportasi umum.

2. Metro Kapsul

Kendaraan ini termasuk angkutan yang unik. Selain beroperasi tanpa masinis, metro kapsul tidak berjalan di atas rel. Meskipun demikian, transportasi umum ini memerlukan jalur khusus dan jalurnya dibuat melayang. Namun, kendaraan produksi PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul (Trekka) ini hanya berkapasitas 50 orang penumpang.

Selanjutnya, kendaraan lainnya yang lahir dari tangan-tangan anak bangsa adalah...

Baca selengkapnya di sini.

Kirimkan blog atau website kamu ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

 

Beri Komentar