Kemenag Dorong Pelibatan UMKM di Ekosistem Ekonomi Haji & Umroh

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 18 Februari 2022 19:12
Kemenag Dorong Pelibatan UMKM di Ekosistem Ekonomi Haji & Umroh
Kemenag mengaku total nominal dana haji dan umroh sangat besar sehingga dampaknya harus bisa dirasakan rakyat Indonesia.

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan komitmennya untuk melibatkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam ekosistem ekonomi haji dan umrah. Diakui nilai ekonomi dari kegiatan ibadah ini cukup besar sehingga harus bisa dinikmati masyarakat Indonesia.

" Berapa banyak UMKM dan hasil petani kita yang bisa diekspor dengan pengiriman konsumsi hasil panen kita ke Arab Saudi contohnya. Kesinambungan itulah yang saat ini pemerintah pikirkan dan rencanakan," ujar irektorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag Hilman Latief dikutip dari laman Kemenag.go.id.

Menurut Hilman, kementeriannya selama ini telah sering diundang Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Bank Indonesia terkait kontribusi penguatan ekonomi masyarakat melalui penyelenggaraan haji dan umroh.

Diakui Hilman, total nominal dana haji dan umroh cukup banyak sehingga dampaknya kepada rakyat Indonesia seharusnya bisa terlihat.

 

1 dari 1 halaman

Butuh Konsep Matang

Namun, lanjut Hilman, siklus permasalahan dalam penyelenggaraan haji dan umroh cukup rumit ini. Pihak yang menangani penyelenggaraan ibadah ini juga sangat banyak. Namun, dia memastikan akan terus menguatkan visi melibatkan masyarakat dan UKM dalam ekosistem ekonomi haji dan umroh.

" Saya akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, Kementerian dan Lembaga terkait. Saya akan bertemu Dirjen Perikanan untuk mendampingi para petani dalam melakukan standarisasi hasil ekspor yang sesuai regulasi internasional," jelasnya.

Selain dengan kementerian terkait, Kemenag juga mengakui visi tersebut tidak akan berhasil jika tidak melibatkan banyak pihak. Dibutuhkan juga konsep matang dan tindak lanjut yang berkesinambungan agar visi tersebut terwujud.

Penguatan ekosistem ekonomi haji dan umrah merupakan salah satu program inovasi Ditjen PHU di tahun 2022. Selain itu, ada juga program Sapa Jemaah Masa Tunggu, Transformasi SDM dan Penguatan Tata Kelola Asrama Haji, Manasik Bilingual, serta Penguatan Diplomasi Haji.

Beri Komentar