Keuangan Mikro Syariah Sentuh 2 Juta Pengusaha Kecil

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 15 Mei 2014 16:03
Keuangan Mikro Syariah Sentuh 2 Juta Pengusaha Kecil
Bisnis keuangan mikro syariah semakin mendapat tempat di kalangan masyarakat dan pengusaha kecil di dunia. Sistemini tak hanya menjangkau masyarakat muslim namun juga non-muslim.

Dream - Peran keuangan mikro syariah dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan masyarakat semakin dirasakan manfaatnya. Terbukti masyarakat kecil yang memperoleh bantuan pendanaan sudah menembus 2 juta nasabah.

Muhammad Zubair Mughal, CEO AlHuda Center of Islamic Banking and Economic (CIBE) dalam pidatonya di Konferensi Internasional Keuangan Mikro Syariah di Pakistan, menyatakan keuangan mikro syariah telah sukses menjadi alat pengentas kemiskinan. Baik bagi kaum Muslim maupun non-Muslim.

Zubair mengakui, masih banyak kalangan memandang keuangan mikro syariah sebagai produk yang rumit. Padahal, model bisnis ini dapat dengan mudah diimplementasikan di negara manapun, di segala jenis lembaga keuangan mikro.

Semua model keuangan mikro syariah sebenarnya sudah sesuai dengan model kredit keuangan mikro konvensional. Hanya saja, model keuangan mikro konvensional perlu melakukan perubahan kecil agar sesuai dengan sistem keuangan mikro syariah.

" Produk keuangan mikro syariah tidak berdasarkan bunga, asuransinya mengikuti aturan Islam (Takaful), dan model tabungan serta investasinya mengikuti metode syariah," ujar Zubair seperti dikutip Dream.co.id dari laman CPIfinancial, Kamis, 15 Mei 2014.

Namun diakuinya, beberapa negara seperti Nigeria, India, Tanzania, dan Ethiopia, keuangan mikro syariah selama ini keliru dalam menerapkan sistem keuangan mikro syariah. Negara tersebut hanya mengkhususkan penyaluran bagi masyarakat Muslim.

Idealnya, keuangan mikro syariah digunakan sebagai model bisnis bukan sebagai intervensi agama. Keuangan mikro syariah adalah sistem yang dapat digunakan dan dioperasikan oleh semua segmen masyarakat tanpa memandang agama apapun. (Ism)

Beri Komentar