CONNECT WITH US!

Harga Rumah di Surabaya Naik Tertinggi se-Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Selasa, 14 November 2017 09:15
Secara nasional, kenaikan harga rumah mengalami pelambatan dibandingkan kuartal II 2917 yang tumbuh 1,18 persen,

Dream - Bank Indonesia (BI) melaporkan adanya pertumbuhan harga hunian residensial sepanjang kuartal III-2017. Meski harga rumah naik, pertumbuhan mengalami perlambatan. 

Dikutip dari bi.go.id, Selasa, 14 November 2017, harga properti naik sebesar 0,5 persen dalam pada kuartal III tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama 2016. Tetapi, kenaikan ini melambat jika dibandingkan dengan kuartal II 2017 yang tumbuh sebesar 1,18 persen.

Kenaikan harga properti ini terjadi di semua tipe rumah terutama kelas menengah. Berdasarkan wilayah, kenaikan tertinggi terjadi di Bandar Lampung.

Secara tahunan, indeks harga properti kuartal III 2017. tumbuh sebesar 3,32 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 3,17 persen (yoy).

Sementara itu, volume penjualan properti residensial juga mengalami peningkatan sebesar 2,58 persen (qtq). Meski demikian, pertumbuhan tersebut masih melambat dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar 3,61 persen (qtq).

Data BI mencatat kenaikan harga terjadi pada semua tipe rumah dengan kenaikan tertinggi terjadi pada rumah tipe kecil sebesar 5,73 persen (yoy). Sementara berdasarkan wilayah, kenaikan harga rumah tertinggi terjadi di Surabaya dengan kenaikan 6,86 persen (yoy).

Naiknya harga rumah di ibukota Jawa Timur itu dipicu oleh pembangunan Jalan LIngkar Luar Barat (JLBB) yang membentang dari utara ke selatan dan menghubugkan banyak fasilitas strategis di Surabaya.

Beberapa penyebabnya yaitu masih terbatasnya permintaan terhadap rumah hunian, di samping faktor suku bunga KPR yang relatif masih tinggi.

Sebagian besar pengembang, sebanyak 56,75 persen, masih menggunakan dana internal perusahaan sebagai sumber utama pembiayaan pembangunan properti residensial.

Sementara sebanyak 76,42 persen konsumen menyatakan fasilitas KPR masih menjadi pilihan utama dalam melakukan transaksi pembelian properti residensial.

(Sah)

Resep Fettucine Carbonara Untuk Bekal Anak