Miliarder Kena Getok, Patung Dewa Dibeli Rp99 M Aslinya Cuma Rp71 Juta?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 21 Maret 2019 07:44
Miliarder Kena Getok, Patung Dewa Dibeli Rp99 M Aslinya Cuma Rp71 Juta?
Pengelola museum sampai turut memeriksa keaslian patung tersebut.

Dream – Bos Salesforce, Marc Benioff, terkenal sangat mencintai Hawaii. Pada November 2017, dia membeli patung dewa perang Hawaii, Ku, di rumah pelelangan Christie. Benioff rela kehilangan uang lebih dari US$7 juta (Rp99,52 miliar).

Patung berharga miliaran rupiah itu ternyata tak dipajang Benioff dan sang istri, Lynne, di rumahnya. Mereka memutuskan menyumbangkan patung itu untuk Bishop Museum di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

“ Kami merasa bahwa ki’i ini milik Hawai, untuk edukasi dan memberikan manfaat bagi orang-orang. Ini adalah benda spiritual,” kata dia, dikutip dari Business Insider, Rabu 20 Maret 2019.

Baru-baru ini pakar mempertanyakan keaslian patung itu. Malah, harga patung itu kurang dari US$5 ribu (Rp71,08 juta).

“ Patung ini bisa kamu temui di bar tiki,” kata pakar seni Munich yang berbasis di Kepulauan Pasifik, Daniel Blau.

Yang menjadi inti masalahnya adalah kapan patung itu dibuat. Patung setinggi 20 inci ini disebut-sebut dibentuk sekitar 1780—1819. Sebelum jatuh ke tangan Benioff, patung ini ada di Paris, Perancis sejak 1940.

Tak jelas ceritanya bagaimana patung Hawaii itu bisa sampai ke Paris. Hanya diceritakan bahwa patung itu dibawa oleh misionaris Inggris ke Eropa setelah mengunjungi Kona pada 1822.

Isu tersebut menjadi perhatian President and CEO Bishop Museum, Melanie Ide. Pihaknya meriset keaslian patung itu, termasuk melakukan tes DNA. Malah, ada laporan dari televisi lokal bahwa patung dewa perang itu palsu.

Namun, ada juga pakar yang yakin bahwa patung itu asli. (Sah)

Beri Komentar
RAMADAN BUZZ: Belajar Tari Sufi Bareng Santri