Besaran Dana Vaksin Covid-19 Indonesia, Singapura, dan Malaysia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 13 Januari 2021 14:14
Besaran Dana Vaksin Covid-19 Indonesia, Singapura, dan Malaysia
Berapa, ya, anggarannya?

Dream – Jokowi telah menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama pada Rabu 13 Januari 2021. Proses penyuntikan Presiden bernama lengkap Joko Widodo, yang disiarkan langsung, itu menandai dimulainya proses vaksinasi bertahap di Indonesia.

Untuk mendatangkan vaksin Covid-19, pemerintah menganggarkan dana sekitar Rp73 triliun. Pemerintah memutuskan vaksi Covid-19 diberikan secara gratis kepada masyarakat Indonesia.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut anggaran vaksin ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 yang disetujui oleh DPR.

Selain Indonesia, negara-negara lainnya juga mempersiapkan bujet untuk pengadaan vaksin Covid-19. Siapa saja?

1 dari 2 halaman

Singapura dan Malaysia

Singapura juga sudah menyiapkan anggaran. Dikutip dari ABC News, pemerintah Negeri Singa itu menganggarkan S$1 miliar atau sekitar Rp10,62 triliun untuk vaksin. Mereka juga menandatangani perjanjian pembelian vaksin dengan produsen vaksin, termasuk Pfizer-BioNTech, Moderna, dan Sinovac.

“ Setelah mempelajari bukti ilmiah dan data uji klinis, Otoritas Ilmu Kesehatan telah menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech untuk menangani pandemi,” kata Lee.

Negara tetangga lainnya, Malaysia, menganggarkan dana RM2,05 miliar atau sekitar Rp7,14 triliun untuk vaksin Covid-19. Menteri Sains, Teknologi, dan Inovasi Malaysia, Khairy Jamaluddin, mengatakan, dana miliaran ringgit ini untuk menutup biaya vaksin 26,5 juta warga Malaysia yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 gratis, berdasarkan NST.

2 dari 2 halaman

Jepang dan Korea Selatan

Jepang juga turut merogoh kocek untuk mengadakan vaksin Covid-19. Dilansir Japan Times, pemerintah Jepang memang mengadakan vaksinasi Covid-19 gratis untuk masyarakatnya.

Untuk itu, pemerintah menganggarkan dana 573,6 miliar yen atau sekitar Rp77,84 triliun. Anggaran ini berasal dari dana ekstra senilai 5 triliun yen, sekitar Rp678,42 triliun, untuk melawan Covid-19. Anggaran ini tercanum dalam draft anggaran fiskal Jepang pada 2021.

Korea Selatan pun tak mau ketinggalan untuk mengadakan vaksin Covid-19. Untuk memboyong vaksin Covid-19, negara ini mengalokasikan dana senilai 1,3 triliun won, sekitar Rp16,68 triliun, dilansir dari Kyodo News.

Pada malam tahun baru, dikutip dari ABC News, Korea Selatan mengamankan 56 juta dosis vaksin untuk masyarakatnya. Rinciannya, 10 juta dosis dari AstraZeneca, 10 juta dari Pfizer, 20 juta dari Moderna, 10 juta dari COVAX, dan 6 juta dari Janssen.

Beri Komentar