Nggak Perlu Gengsi, Pasangan Ini Menikah Sederhana di KUA , Yuk Intip Budgetnya

Reporter : Alfi Salima Puteri
Selasa, 25 Januari 2022 10:35
Nggak Perlu Gengsi, Pasangan Ini Menikah Sederhana di KUA , Yuk Intip Budgetnya
Pasangan suami istri ini membeberkan biaya yang mereka keluarkan untuk melangsungkan pernikah di Kantor Urusan Agama.

Dream - Video pasangan suami istri yang membagikan momen pernikahannya di Kantor Urusan Agama (KUA) viral di media sosial TikTok. Pasutri itu melangsungkan pernikahan yang sederhana dan hanya dihadiri oleh keluarga saja.

Pengalaman itu dibagikan sejoli tersebut melalui akun TikTok @ramalancuacahariini pada Sabtu 15 Januari 2022. Tak ada pesta megah dalam pernikahan itu.

Pasutri itu menikah di KUA secara langsung dan mengatakan biaya yang dikeluarkan pun tak begitu banyak, sehingga uangnya dapat digunakan sebagai tabungan masa depan rumah tangga mereka.

" Alhamdulillah gue nikah sederhana tapi bermakna. Nikahnya langsung di KUA, hitung-hitung biayanya nggak begitu gede, bisa ditabung untuk masa depan," tulis pasutri tersebut dalam videonya.

Rekaman video pun memperlihatkan momen sakral mereka saat ijab kabul dan disaksikan oleh pihak keluarga. Pakaian yang dkenakan pun sangat sederhana, mereka hanya memakai batik coklat muda dengan corak yang sama.

1 dari 3 halaman

Mereka menjelaskan bahwa proses menikah di KUA tidaklah ribet dan tidak memakan waktu yang lama. Asalkan ada niat yang kuat dan tidak memiliki gengsi maka pernikahan pasti berjalan dengan lancar.

" Nggak lama kok nunggunya dan yang penting lo niat dan nggak gengsi. Satu lagi, kudu tanggung jawab dan cewek itu harus dikasih harapan, jangan cuma omongan," tulisnya.

Tak lupa, mereka juga membeberkan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pernikahan langsung di KUA. Ternyata, total uang yang dikeluarkan hanyalah sekitar Rp6 juta saja.

" Biaya administrasi dan capek Rp2-3 jutaan, biaya seserahan Rp2 juta, biaya transportasi Rp1 juta, makan-makan diurusnya belakangan (hitungannya sebulan sehabis itu)," jelasnya.

Mereka menyarankan uang lain atau yang biasa digunakan untuk resepsi bisa digunakan sebagai tabungan biaya keperluan rumah tangga kedepannya.

" Nah biaya setelah itu bisa deh ditabung. Misal lo butuh keperluan kaya buat hidup, beli rumah, kendaraan, mungkin kalau kebelet pengen punya anak buat biaya anak," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Mereka pun juga berpesan kepada para pasangan di luar sana yang hendak menikah untuk pintar mengatur keuangan dan untuk terbuka satu sama lain dengan pasangan.

" Yang terpenting juga pinter-pinter atur duit. Jangan ada yang ditutup-tutupin. Terbuka satu sama lain maksudnya. Nikah mah gampang kok, yang sulit itu membangun keluarganya," tukasnya.

Video ini pun telah ditonton 4,9 juta kali dan menuai beragam komentar dari pengguna TikTok.

" Liat komenan cewe-cewe yang pengen nikah seperti ini, salut banget sih, engga mementingkan gengsi, karena sejatinya yang perlu dipikirkan adalah after married-nya," komentar warganet.

" Jaman sekarang mah tunangan aja kaya mau nikah. Pada gengsi yang digedein," komentar warganet lainnya.

" Pengen banget kaya gini, gue mikir tabungan Rp50jt++ mending buat dp rumah daripada resepsi sehari," tutur yang lain.

" Orangtua kalian tapi hebat, nggak mikirin omongan tetangga. Emak gue, mertua gue, dia enak tinggal sebut lah kita yang nyari duitnya enek puyeng," curhat warganet.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar