Perintis Bank Syariah Inggris Pilih Nama Islami

Reporter : Syahid Latif
Senin, 27 Oktober 2014 15:45
Perintis Bank Syariah Inggris Pilih Nama Islami
Sejak diambil alih Masraf Al Rayan, perintis bank syariah di Inggris akan berganti baju. Nama Islami dipilih sebagai merek barunya, Apa namanya?

Dream - Satu-satunya bank syariah di Inggris, Islamic Bank of Britain plc (IBB) mengumumkan rencana pergantian nama menjadi Al Rayan Bank PLC. Nama baru ini akan resmi dipakai mulai Desember tahun ini.

Rencana perubahan nama ini menyusul akuisisi IBB oleh Masraf Al Rayan, bank Islam terbesar kelima di dunia dan terbesar kedua di Qatar.

IBB tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dan berambisi meluaskan pasar. Saat ini, IBB telah mendapat reputasi sebagai perintis bank Islam di Inggris, dan telah mengembangkan berbagai bentuk produk keuangan yang sesuai syariah di negara tersebut.

Dengan suntikan modal 100 juta pounds dari perusahaan induknya, Al Rayan Bank akan terus memperkuat pangsa pasarnya dan melebarkan sayapnya untuk menarik banyak konsumen. Penyatuan IBB dan MAR memungkinkan Al Rayan Bank dalam mempertahankan nilai syariah, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang signifikan.

" IBB telah mempelopori perbankan syariah di Inggris selama 10 tahun terakhir. Mendapat pengakuan global untuk keberhasilan yang luar biasa. Yang penting, bank akan mempertahankan semangat IBB. Tetap menjadi bank syariah Inggris yang didedikasikan untuk etika keagamaan dan layanan pelanggan yang hebat," kata Sultan Choudhury, CEO IBB.

Menurut Choudhury, perubahan nama IBB ke Al Rayan Bank merupakan bab terakhir dalam sejarah IBB. Bank ini akan memperluas penawaran produk ritel dan komersial untuk khalayak yang lebih luas. 

Rebranding akan melibatkan pengenalan logo baru dan merek Al Rayan Bank yang akan diterapkan di seluruh cabang bank, website, literatur dan dokumen lainnya.

Dengan meningkatkan fokus pada pembiayaan perusahaan dan real estate, Al Rayan Bank tetap fokus mengembangkan diri di London.

Sejak dibuka tahun 2004 sebagai satu-satunya bank syariah di Inggris, IBB telah mengeluarkan banyak produk keuangan syariah dan berhasil menarik lebih dari 50 ribu konsumen baru. Meski berlabel syariah, IBB terbuka bagi semua kalangan, termasuk non-muslim.

Bank memperkirakan hampir 83 persen konsumennya yang mendaftar mulai 1 Januari 2013 hingga 15 Agustus 2014 adalah non-muslim. Mereka tertarik membuka rekening di IBB karena keuangan Islam dinilai memiliki tingkat keuntungan tinggi, layanan yang maksimal dan pendekatan etika dalam berbisnis. (Ism)

Beri Komentar