7 Rekomendasi Oleh-Oleh Haji yang Banyak Diburu Jemaah, Jadi Buah Tangan Populer

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Kamis, 23 Juni 2022 13:36
7 Rekomendasi Oleh-Oleh Haji yang Banyak Diburu Jemaah, Jadi Buah Tangan Populer
Selain kurma, ada berbagai oleh-oleh haji menarik yang bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang ke tanah air.

Dream – Umat Islam yang memiliki kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji maupun ibadah umrah di tanah suci tentunya menjadi sesuatu yang harus disyukuri. Selain bisa menjalankan perintah agama dan melihat secara langsung jejak para Nabi, hal lain yang tak ketinggalan ketika beribadah di tanah suci adalah berburu oleh-oleh haji khas Timur Tengah.

Para jamaah haji yang sudah menyelesaikan serangkaian ibadah hajinya, sebelum pulang ke tanah air akan menyempatkan diri terlebih dahulu membeli oleh-oleh haji. Di mana oleh-oleh tersebut untuk diberikan kepada anggota keluarga, sanak saudara, rekan-rekan, dan tetangga yang silaturahmi ke rumah saat pulang haji nanti.

Seolah ini sudah menjadi sebuah tradisi ketika sepulang haji dengan membawa oleh-oleh haji. Di samping itu, anggota keluarga dan sanak saudara yang nantinya mendapatkan oleh-oleh tersebut juga berharap besar akan mendapatkan berkahnya.

Kira-kira apa saja rekomendasi oleh-oleh haji yang sebaiknya dibawa ke tanah air? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui umma.id.

1 dari 3 halaman

Rekomendasi Oleh-oleh Haji

Rekomendasi Oleh-oleh Haji© Pixabay.com

Untuk berburu oleh-oleh haji ada banyak tempat yang bisa sahabat Dream kunjungu. Baik di Makkah, Madinah, maupun di Jeddah. Bahkan di tempat-tempat tersebut terdapat pusat oleh-oleh yang populer dan banyak dikunjungi oleh para jamaah haji.

Misalnya saja di Madinah terdapat pasar kurma Souq Al Tumor, kemudian ada pasar tradisional Souq Okaz di Thaif, pasar Jaafaria di Makkah yang letaknya sekitar 1 km dari Masjidil Haram, dan masih banyak lagi.

Nah, berikut ini adalah beberapa oleh-oleh haji yang bisa sahabat Dream pilih untuk dibawa pulang ke tanah air:

Kurma

Oleh-oleh haji pertama yang bisa sahabat Dream beli adalah kurma. Ya, kurma menjadi oleh-oleh populer yang selalu dibawa oleh para jamaah dari tanah Arab. Meskipun kurma juga banyak dijual di Indonesia, namun tetaplah memiliki sensasi yang berbeda jika mengonsumsi kurma secara langsung yang dibawa dari tanah Arab. Misalnya saja kurma Nabi atau kurma Ajwa yang warnanya hitam dan rasanya yang manis alami.

Tasbih

Oleh-oleh haji lainnya yang menarik dan simpel adalah tasbih. Ya, tasbih ini biasanya digunakan umat Islam untuk berdzikir. Bahkan manik-manik tasbih yang dijual di tanah Arab cukup beragam. Kamu bisa memilih sesuai selera dan tentunya sesuai dengan budget. Pilihan manik-manik tasbih ini juga menunjukkan kekayaah jamaah. Misalnya saja tasbih buatan Cina atau manik-manik yang terbuat dari batu permata dengan harga fantastis.

2 dari 3 halaman

Rekomendasi Oleh-oleh Haji

Rekomendasi Oleh-oleh Haji© Unsplash.com

Souvenir

Oleh-oleh haji berikutnya yang juga kerap dibawa oleh para jamaah haji adalah souvenir. Ya, beberapa tempat perbelanjaan di tanah Arab banyak menjajakan souvenir yang menarik dan estetik dengan harga bervariasi. Akan cantik sekali jika diletakkan di salah satu sisi rumah. Atau bisa juga diberikan kepada sanak saudara yang bisa dijadikan kenang-kenangan.

Souvenir yang biasanya dibeli misalnya saja replika Ka’bah dan Masjid Nabawi. Dengan membeli souvenir tersebut dan melatakkannya di rumah, hal itu akan selalu mengingatkan pada perjalanan indah ibadah di rumah Allah SWT.

Siwak

Oleh-oleh haji yang juga kerap dibeli oleh para jamaah haji adalah siwak atau sikat gigi Arab. Siwak ini sudah digunakan sejak zaman Nabi untuk membersihkan gigi secara tradisional dan tentunya menyehatkan. Bentuknya berupa batang yang nanti digunakan dengan cara digosok-gosokkan ke gigi.

Bahkan membersihkan gigi dengan siwak adalah salah satu dari sunah Nabi. Biasanya siwak yang dijual di Arab dijajakan oleh para penjual asongan. Di mana siwaknya telah diukir, dipotong, lalu dijual dengan jumlah lusinan. Wah.. ini bisa dibagi-bagikan saat pulang ke tanah air.

3 dari 3 halaman

Rekomendasi Oleh-oleh Haji

Rekomendasi Oleh-oleh Haji© Shutterstock.com

Sajadah

Bagi umat Islam, sajadah adalah peralatan sholat yang penting agar bisa beribadah dalam kondisi yang alasnya bersih. Biasanya sajadah terbuat dari kain dengan motif bernafaskan Islam dan warna yang beragam. Bahkan ukuran sajadah pun berbeda-beda dan bisa sahabat Dream pilih sesuai kebutuhan.

Sajadah kerap menjadi oleh-oleh haji yang dipilih oleh para jamaah untuk nantinya diberikan kepada anggota keluarga maupun sanak-saudara mereka. Ini tentunya akan menjadi oleh-oleh yang membuat senang karena bisa digunakan untuk beribadah sehari-hari.

Parfum

Adakah di antara sahabat Dream yang pernah mendapatkan oleh-oleh haji berupa parfum? Ya, parfum kerap dipilih para jamaah sebagai oleh-oleh yang menarik. Aroma minyak wakgi khas Arab atau disebut juga minyak Oud memang banyak disukai. Tempat populer yang menjual minyak wangi tersebut misalnya saja Ajmal dan Abdul Samad Alqurashi dengan minyak Out yang kualitasnya tinggi.

Maamoul

Mungkin oleh-oleh haji yang satu ini tidak sepopuler kurma, kismis, maupun kacang almond. Ya, inilah maamoul berupa biskuit khas Arab dengan isi kurma yang rasanya manis. Biasanya maamoul dijual dalam kemasan kotak yang berisi 12 biji. Sahabat Dream bisa mencoba membeli beberapa kotak untuk disuguhkan kepada tamu saat kembali ke tanah air nantinya.

Beri Komentar