Riset: Emak-emak Indonesia Makin Cerdas Digital

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 September 2018 12:13
Riset: Emak-emak Indonesia Makin Cerdas Digital
Jika ingin menjangkau konsumen rumah tangga, brand harus melakukan strategi ini.

Dream – Berbicara belanja rumah tangga, peran wanita, dalam hal ini ibu rumah tangga, sangat penting. Hampir semua ibu rumah tangga di Indonesia menjadi pembuat keputusan belanja rumah tangga.

Founder dan CEO Tickled Media, Roshni Mahtani, mengatakan theAsianparent melakukan riset tren online kepada lebih dari 1.000 ibu-ibu digital masa kini.

“ Seperti ibu-ibu di negara-negara Asia lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengkonsumsi internet dan semakin cerdas digital,” kata Roshni di Jakarta, ditulis Kamis 14 September 2018.

Laporan itu menunjukkan 99 persen ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga. Angkanya meningkat 1 persen dari tahun lalu yang sebesar 98 persen.

Ada juga peningkatan penggunaan internet sebanyak 48,7 persen dan kebiasaan menonton TV turun sampai 78,5 persen.

Situasi ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi merek yang ingin menjangkau ibu rumah tangga dan mempengaruhi keputusan belanja, baik untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga.

“ Pemasaran ke ibu rumah tangga masa kini harus dilakukan secara digital dulu,” kata dia.

Head of Content Tickled Media, Putri Fitria, mengatakan ibu-ibu " zaman now" dikenal sebagai pembuat keputusan utama tentang pembelian keperluan di rumah mereka. Istilah kerennya, Chief Household Officer (CHO).

“ Setiap brand tidak dapat mengabaikan kenyataan bahwa dalam kebiasaan digital ini merupakan tren baru yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran,” kata Putri.


(ism, Laporan: Erisa Riyana) 

1 dari 2 halaman

4 Tips Belanja Mudah dan Aman untuk Lebaran

Dream – Belanja untuk menyambut hari raya merupakan hal yang menyenangkan dan telah membudaya di Indonesia. Semakin menyenangkan karena banyak tenant yang menggelar beragam promo dengan diskon besar-besaran.

Siapa yang tak tertarik datang ke pusat perbelanjaan dengan tawaran diskon yang membuat hati goyah.

Namun di sinilah masalahnya. Semakin banyak pilihan belanja, kamu akan semakin bingung. Bukannya menghabiskan lebaran dengan hati senang, malah kamu pusing dengan tagihan kartu kredit atau dompet yang semakin tipis. 

Sebelum kamu terjebak dalam fenomena tahunan itu, ada empat tips belanja yang bisa kamu ikuti dari Mastercard, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 12 Juni 2018.

Yang pertama, tentukan anggaran, barang dan toko tujuan sebelum pergi berbelanja. Selain lebih mudah dan efektif, penentuan anggaran ini akan sangat berguna untuk membantumu tetap pada rencana awal. Lihatlah transaksi sebelumnya dan buatlah rencana belanja dengan baik.

Yang kedua, proaktif. Diskon dan penawaran menarik selalu ada. Oleh karena itu, lakukanlah riset secara online untuk menemukan diskon dan penawaran terbaik saat ini maupun yang akan datang. Lalu, susun jadwal belanja. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk produk yang ingin didapatkan. Kalau mau belanja online, pastikan situs e-commerce tujuan memiliki ikon gembok alias jaringan koneksi internetnya aman.

Ketiga, menjaga keamanan kartu. Pastikan kamu terhubung dengan jaringan Wifi pribadi ketika melakukan pembayaran, baik melalui ponsel ataupun laptop. Hal ini dapat membantu memastikan detail kartu Anda tetap aman dan terjaga.

Keempat, tetap waspada setiap saat. Pembeli yang cerdas tidak hanya tahu bagaimana cara meminimalisir penipuan, tetapi juga mengetahui bagaimana cara menanggulangi hal tersebut jika terjadi. Perhatikan saran atau informasi keamanan terbaru dan pastikan kontak bank selalu dalam genggaman, sehingga kamu dapat langsung menghubungi bank tersebut jika menghadapi sebuah masalah. Dengan demikian, kamu dapat berbelanja dengan aman dan nyaman.

(Sah)

2 dari 2 halaman

4 Kesalahan Saat Belanja Online

Dream - Pernah membeli pakaian tapi ukurannya ternyata salah dan baru diketahui ketika mencobanya di rumah? Kalian mungkin pernah berada dalam situasi seperti itu. Terutama ketika membelinya secara online.

Tapi, ukuran pakaian tidak hanya bisa salah saat dalam proses pengiriman saja. Ukuran pakaian yang baru dibeli bahkan bisa kekecilan atau kebesaran setelah kalian mencucinya.

Dilansir dari laman BrightSide.meDream mengumpulkan 4 kesalahan yang sering dilakukan saat berbelanja pakaian secara online.

Tidak hanya kesalahan, ada juga tips untuk memilih ukuran pakaian yang pas di badan. Berikut ulasannya: 

1. Tidak Mengetahui Ukuran Badan

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

Saat membeli pakaian, sebagian orang mungkin tidak tahu ukuran beberapa bagian badannya. Padahal ini adalah modal penting untuk bisa mendapatkan pakaian yang sesuai dengan ukuran badan. Pertama, kalian harus mengetahui salah satu ukuran dari lingkar panggul, lingkar pinggang, lingkar dada, atau lingkar leher.

Setelah itu bandingkan dengan tabel ukuran badan yang sudah menjadi standar internasional di bawah ini. Pilih ukuran badan dengan standar ukuran yang ada. US untuk ukuran Amerika Serikat, INT untuk ukuran Internasional, EU untuk ukuran Eropa. Di Indonesia biasanya mengikuti ukuran standar Internasional atau Eropa.

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

2. Tidak Mengacuhkan Rekomendasi Toko

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

Saat memilih pakaian secara online, selalu ingatkan dalam hati bahwa meski bentuknya sama, tapi ukuran setiap toko mungkin berbeda satu sama lainnya. Setiap toko online mungkin memiliki tabel ukuran pakaian sendiri yang harus menjadi pertimbangan saat akan membelinya.

3. Saat Memilih Pakaian Tidak Memperhatikan Bahan

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

Ketika membeli pakaian secara online, sebaiknya perhatikan bahannya. Karena ada beberapa jenis bahan yang akan mengecil atau mengembang setelah dicuci.

Bahan kapas dan wol cenderung mengecil setelah dicuci. Tetapi pakaian berbahan sintetis dan katun akan mengembang setelah dicuci. Selalu perhatikan rekomendasi pabrik saat memperlakukan pakaian. Rekomendasi ini biasanya bisa dilihat pada label atau tag pada pakaian bersangkutan.

4. Tidak Mengukur Kaki dengan Benar

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

Saat membeli sepatu secara online, ukur kaki dari tumit hingga ujung kaki yang paling panjang. Ukur panjang kedua kaki karena kebanyakan orang tidak memiliki ukuran kaki yang identik. Jika perlu, pilih sepatu dengan ukuran yang lebih besar.

Parameter lain yang sangat penting adalah lebar. Salah satu sistem yang paling populer adalah sistem Amerika karena sangat sederhana: N - sempit, M - sedang, W - lebar.

Berikut tabel ukuran sepatu sesuai standar Amerika, Eropa dan Internasional. Untuk Indonesia biasanya memakai standar Eropa.

 Kesalahan Belanja Pakaian Secara Online

(ism, Sumber: Bright Side)

[crosslink_1]

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-