Riset: Emak-emak Indonesia Makin Cerdas Digital

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 13 September 2018 12:13
Riset: Emak-emak Indonesia Makin Cerdas Digital
Jika ingin menjangkau konsumen rumah tangga, brand harus melakukan strategi ini.

Dream – Berbicara belanja rumah tangga, peran wanita, dalam hal ini ibu rumah tangga, sangat penting. Hampir semua ibu rumah tangga di Indonesia menjadi pembuat keputusan belanja rumah tangga.

Founder dan CEO Tickled Media, Roshni Mahtani, mengatakan theAsianparent melakukan riset tren online kepada lebih dari 1.000 ibu-ibu digital masa kini.

“ Seperti ibu-ibu di negara-negara Asia lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengkonsumsi internet dan semakin cerdas digital,” kata Roshni di Jakarta, ditulis Kamis 14 September 2018.

Laporan itu menunjukkan 99 persen ibu di Indonesia menjadi penentu belanja rumah tangga. Angkanya meningkat 1 persen dari tahun lalu yang sebesar 98 persen.

Ada juga peningkatan penggunaan internet sebanyak 48,7 persen dan kebiasaan menonton TV turun sampai 78,5 persen.

Situasi ini memberikan peluang sekaligus tantangan bagi merek yang ingin menjangkau ibu rumah tangga dan mempengaruhi keputusan belanja, baik untuk kebutuhan pribadi maupun keluarga.

“ Pemasaran ke ibu rumah tangga masa kini harus dilakukan secara digital dulu,” kata dia.

Head of Content Tickled Media, Putri Fitria, mengatakan ibu-ibu " zaman now" dikenal sebagai pembuat keputusan utama tentang pembelian keperluan di rumah mereka. Istilah kerennya, Chief Household Officer (CHO).

“ Setiap brand tidak dapat mengabaikan kenyataan bahwa dalam kebiasaan digital ini merupakan tren baru yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran,” kata Putri.


(ism, Laporan: Erisa Riyana) 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Akses Komunikasi Ditutup Salmafina, Sunan Kalijaga Terpaksa Gunakan Instagram