Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Skenario Buruk Virus Corona Bakal Ancam Industri Teknologi

Skenario Buruk Virus Corona Bakal Ancam Industri Teknologi Virus Corona Juga Mengganggu Industri Teknologi.

Dream - Virus Corona telah mengacak-acak perekonomian dunia. Virus yang bernama resmi Covid-19 ini menyerang pusat roda perekonomian dunia sehingga hampir melumpuhkan perdagangan internasional.

Sejumlah sektor bisnis telah merasakan dampak dari 'keganasan' wabah virus ini. Sektor pariwisata seperti perhotelan dan penerbangan, ritel, dan otomotif, sudah merasakan efek negatifnya.

Kini para pengamat mulai memperkirakan wabah virus corona juga bakal membuat sektor industri elektronik acak-acakan. Virus yang pertama mewabah di Wuhan, Tiongkok, ini diperkirakan bakal memangkas proyeksi pertumbuhan perusahaan-perusahaan teknologi.

Yang mengejutkan, para ahli sebetulnya sudah memperkirakan perlambatan industri elektronik ini jauh sebelum wabah virus corona merebak. 

Dikutip dari The Verge, Rabu 19 Februari 2020, analis rantai pasok pasar, TrendForce, merilis studi pengaruh virus corona terhadap industri teknologi. Situs tersebut membuat ringkasan dari kemunduran industri elektronik dan teknologi informasi jauh sebelum corona merebak. 

Dalam laporannya, TrendForce sudah memperkirakan produksi smartphone bakal turun 12 persen secara year on year (yoy) pada kuartal pertama 2020. Penurunan ini merupakan yang terendah dalam lima tahun.

Produsen smartphone termasuk industri padat karya yang terkena imbas virus corona yang membuat proses produksi terhenti karena penundaan pekerjaan. Mereka juga akan kekurangan komponen seperti modul kamera.

Skenario mengerikan kedua adalah pasokan serat optik di dunia kemungkinan bakal terganggu. Seperti diketahui Wuhan menjadi salah satu basis produksi serat optik dunia. Produksinya mencapai 25 persen dari total produksi dunia.

Imbas virus corona pada sektor ini sudah dirasakan saat peluncuran 5G Tiongkok bisa berpengaruh karena kebutuhan akan serat optik lebih besar untuk di stasiun pangkalan.

Beruntung bisnis flash market DRAM dan NAND tidak akan terlalu terpengaruh karena ada penimbunan material dan automatisasi di pabrik semikonduktor. Pabrik ini dioperasikan oleh perusahaan seperti Samsung dan SK Hynix.

Sementara industri video consol game kemungkinan terpukul.Trendforce memprediksi produksi PS4 dan Xbox One akan turun untuk mengantisipasi kekurangan mesin.

Secara keseluruhan, TrendForce memprediksi produksi smartwatch, PC laptop, dan speaker akan turun 16 persen.

Cegah Corona, Uang Kertas di China Diberi Sinar UV Sebelum Diedarkan?

Dream - Wabah virus corona membuat Bank Sentral Tiongkok melakukan tindakan apapun untuk mencegah penyebarannya. Sebagai otoritas pengendali keuangan tertinggi, The People's Bank of China (PBOC) memutuskan membersihkan uang yang beredar.

Mengutip laman Quartz, Selasa 18 Februari 2020, PBOC benaar-benar membersihkan uang yuan dengan mencucinya dalam air. Hal ini berdasarkan pada studi bahwa selembar uang bisa menjadi “rumah” 397 bakteri. Kalau ada orang flu dan memegang uang, virus ini bisa bertahan hingga 12 hari.

World Health Organization (WHO) belum mengetahui berapa lama virus corona bisa bertahan hidup di permukaan dan benda, termasuk uang. Untuk informasi awal, virus ini bisa bertahan hingga beberapa jam. Tapi, juga bisa dibunuh dengan cairan disinfektan.

 

 

Langkah ekstrem dilakukan PBOC yaitu dengan menyinari uang menggunakan sinar ultraviolet atau suhu tinggi. Kemudian, uang tunai akan ditutup selama 1-2 minggu dan baru didistribusikan kepada masyarakat.

Sekadar informasi, sampai hari ini telah ada lebih dari 70 ribu kasus warga di seluruh dunia yang terkonfirmasi terpapar virus corona. Kematian yang dikonfirmasi akibat virus corona mencapai 1.527 kasus.

Pulang dari Malaysia, Warga Palembang Diisolasi Diduga Suspek Virus Corona

Dream - Seorang warga Palembang menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH). Pasien tersebut diduga menjadi suspek virus corona, Covid-19.

Kepala Humas RSMH Palembang, Suhaimi, menjelaskan pasien laki-laku berinisial TH itu merupakan pasien rujukan dari RS RK Charitas Palembang.

Pasien diketahui baru saja pulang ke Palembang setelah pergi ke Malaysia pada 11-15 Februari 2020.

"Dengan diagnosa Febris, suspek Pneumonia dd suspect Covid. Batuk (+/positif), dahak (+/positif), sesak napas (+/positif), GCS 15," kata Suhaimi, dilaporkan Merdeka.com, Selasa, 18 Februari 2020.

 

 

Saat ini, kata Suhaimi, tim medis sedang menunggu hasil pemeriksaan laboratorium untuk memastikan kondisinya. Hasil laboratorium baru diketahui dua hari mendatang.

"Saat ini pasien dirawat di ruang isolasi," kata dia.

Andai hasil laboratorium menunjukkan negatif, pasien kemungkinan tidak memerlukan perawatan dan diizinkan pulang.

Sumber: Merdeka.com/Irwanto

China Ciptakan Alat Tes Covid-19, Klaim Bisa Deteksi Virus Corona 15 Menit

Dream - Universitas Nankai China telah mengumumkan terobosan dalam mengembangkan alat pendeteksi virus corona, Covid-19. Alat ini diklaim dapat mengidentifikasi infeksi di antara pasien dalam waktu 15 menit.

Dilaporkan Straits Times, produk pendeteksi virus yang baru, yang disebut alat deteksi antibodi IgM/IgG Novel Coronavirus (2019-nCoV), dikembangkan Universitas Nankai dengan perusahaan biofarmasi. Kartu tes cepat, bagian dari peralatan, dapat mendeteksi virus hanya dalam 15 menit.

Peralatan tes dapat mempersingkat waktu pengujian, menyediakan operasi yang lebih mudah, dan lebih cepat, serta membuat diagnosis tepat terhadap pasien yang diduga mengidap Covid-19. Selain itu, peralatan tes berkorelasi dengan orang-orang yang berhubungan langsung di tempat.

Pekan lalu, Kementerian Sains dan Teknologi China meminta proyek penelitian tentang alat tes cepat untuk virus corona. Kementerian tersebut mengatakan bahwa reagen deteksi asam nukleat saat ini membutuhkan waktu lama dan memiliki operasi yang rumit.

Alat tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan pengujian cepat pada pasien yang dicurigai dan mengalami infeksi tanpa gejala. Alat uji Nankai diharapkan akan segera digunakan dalam pencegahan dan pengendalian epidemi.

Merinding, Pasien Sembuh Virus Corona Ceritakan Masa-Masa Pengobatan

Dream - Seorang perempuan berusia 47 tahun yang menjalani perawatan intensif di ICU di Singapura karena virus corona, Covid-19, dinyatakan telah pulih, Minggu, 16 Februari 2020.

Kementerian Kesehatan Singapura mengatakan, perempuan tersebut diketahui bernama Zhang. Dia merupakan pengidap Covid-19 di Singapura.

Zhang, suami dan putranya, termasuk dalam 92 warga Singapura yang dievakuasi dari Wuhan, China pada 30 Januari 2020.

Selama berada di Wuhan, China, Zhang yang merupakan warga naturalisasi Singapura, tidak memperlihatkan simptom virus corona. Tapi, dilaporkan The Star, gejala Covid-19 mulai terlihat saat, Zhang tiba di Singapura.

Dia mengaku mengalami demam selama observasi kesehatan oleh National Centre for Infectious Diseases (NCID). 

"Saya sangat takut. Tim medis memasukkan selang oksigen ke hidung saya, dan menaikkan levelnya sehingga saya bisa bernapas. Tetapi, paru-paru saya tidak berfungsi dengan baik," kata Zhang.

 

Kepala Merekam Percakapan

Zhang mengingat dengan jelas momen saat mengalami kesulitan bernapas yang luar biasa. Dia bahkan sempat berpikir hidupnya sedang sekarat.

"Saya bahkan berpikir `Apakah saya sekarat`," ujar dia.

"Pada waktu itu, saya tidak bisa bergerak, tetapi pikiran saya bekerja. Saya mendengar percakapan mereka (tim medis) dengan jelas," kata dia.

Seorang dokter perempuan terus memegangi kepalanya dan mengatakan agar tidak khawatir. "Jangan khawatir kami akan memasukkan selang untuk membantumu berpanas," katanya.

Suami Zhang tidak terinfeksi virus. Sementara itu putranya, dinyatakan positif dan terus menjalani pengobatan di NCID. Kondisi sang putra terus membaik dan tidak ditemukan simptom di tubuhnya.

Pesan untuk Pasien yang Masih Terpapar

Zhang mengatakan, rasa terima kasihnya kepada staf medis di NCID yang memperlakukannya "seperti keluarga" dan "terus membesarkan hatinya setiap hari".

Sekarang setelah dia dinyatakan sembuh, Zhang berencana untuk kembali ke kehidupannya sehari-hari.

"Aku hanya ingin kembali ke kehidupanku yang biasa, pergi berolahraga bersama teman-temanku, lalu pemasaran, dan minum kopi. Kemudian di malam hari, menyiapkan makan malam untuk suamiku dan anak-anak. Aku pikir itu akan baik," ujar dia.

Kepada pasien lain yang masih menjalani perawatan, dia berkata, "Kita harus melewati. Kita punya keluarga dan teman. Penyakit ini tidak berarti kematian yang tak terhindarkan.

"Saya memiliki kepercayaan pada tim medis kami dan keterampilan mereka. Saya percaya mereka akan bisa menyelamatkan kami," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Virus Lebih Aktif di Udara Dingin, Waspada Menyerang Si Kecil

Semakin banyak anak yang sakit di musim hujan. Ketahui penyebab dan cara cegahnya agar anak tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Viral Penumpang Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai, Begini Penjelasan KAI

Viral Penumpang Bocah Terperosok ke Celah Peron Stasiun Manggarai, Begini Penjelasan KAI

Kronologi bocah jatuh ke bawah peron stasiun Manggarai.

Baca Selengkapnya
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Kasus Gondongan Merebak di Anak Usia SD, Ayah Bunda Jangan Panik

Kasus Gondongan Merebak di Anak Usia SD, Ayah Bunda Jangan Panik

Virus penyebab gondongan ini sangat mudah menular, terutama di kelas dan di tempat ramai dan tertutup.

Baca Selengkapnya
Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

Peringatan Darurat WHO: Virus yang Pertama Kali Muncul Tahun 1700an Ini Kembali Hantui Indonesia, Bisa Sebabkan Lumpuh Layu

WHO mengumumkan bahwa enam kasus baru pada pasien yang sudah vaksin telah ditemukan di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Viral! Korban Belum Sempat Lapor Polisi, Maling Motor di Tangsel Kembalikan Barang Curian Sehari Setelah Kejadian, Kirim Pakai Kurir

Viral! Korban Belum Sempat Lapor Polisi, Maling Motor di Tangsel Kembalikan Barang Curian Sehari Setelah Kejadian, Kirim Pakai Kurir

Seorang maling memulangkan sepeda motor yang dicuri kepada korbannya sehari setelah kejadian.

Baca Selengkapnya
Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Kondisi Tersangka Pembunuhan 5 Orang Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Viral Keadaan Junaedi Mendekam di Penjara, Remaja Tega Bunuh Satu Keluarga Buntut Cinta Tak Direstui

Baca Selengkapnya
Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

Musim Hujan, Dokter Anak Ingatkan Waspada Serangan ISPA

ISPA adalah infeksi yang mengganggu pernapasan yang disebabkan oleh virus yang menyerang hidung, trakea, bahkan paru-paru.

Baca Selengkapnya