Sido Muncul Beri Operasi Gratis untuk 150 Penderita Katarak di Bandung

Reporter : Fachri
Jumat, 9 Desember 2022 09:09
Sido Muncul Beri Operasi Gratis untuk 150 Penderita Katarak di Bandung
Operasi katarak gratis ini merupakan kolaborasi yang dibangun antara Sido Muncul dengan Perdami dalam rangka HUT RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung yang ke-22.

Sido Muncul kembali menebar benih kebaikan untuk masyarakat. Kali ini, produsen jamu dan obat herbal modern tersebut menggelar operasi gratis bagi 150 penderita katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih, Bandung, Kamis (8/12/2022). Operasi katarak gratis ini merupakan kolaborasi yang dibangun antara Sido Muncul dengan Perdami (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) dalam rangka HUT RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung yang ke-22 tahun.

Bantuan operasi katarak gratis ini diserahkan secara langsung oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Kepala Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung Kombes Pol. dr. Hj. S. N. Imanta Tarigan, SpPk, dan disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian, SKM serta Perwakilan Perdami dr. Maulia Fitra Purnama, SpM dan dr. Widya Anandita, SpM.

Dalam sambutannya, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan bahwa pada tahun 2000 dan di dalam persiapan ultah Sido Muncul ke-50, perusahaan tersebut membuat visi dan misi untuk menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

"Kami berorientasi kepada dua hal tersebut. Terhitung sejak 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia," sebutnya.

Irwan juga menceritakan bahwa terakhir kali Sido Muncul mengadakan operasi katarak gratis di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung pada tahun 2020 silam. Ia juga menegaskan bahwa operasi katarak gratis ini adalah komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil. Sebab orang itu kalau kehilangan penglihatan, 50% kualitas hidupnya hilang. Apalagi masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya," jelas Irwan.

"Untuk itu, kehadiran kami di sini bukan hanya membantu saja, melainkan juga memberitahu kepada orang-orang bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” tambahnya.

1 dari 2 halaman

300 Orang Sudah Terdaftar

Sido Muncul Beri Operasi Gratis untuk 150 Penderita Katarak di Bandung© Dream/Muhammad Fachri Darmawan

Kepala Rumah Sakit Bhayangkara TK II Sartika Asih Bandung Kombes Pol. dr. Hj. S. N. Imanta Tarigan, SpPk, memaparkan bahwa operasi katarak gratis yang diinisiasi oleh Sido Muncul, sudah sebanyak 300 orang terdaftar selama dua hari berlangsung, yaitu pada tanggal 8 dan 9 Desember 2022. 300 orang tersebut terdiri dari wilayah Bandung Raya, Bandung Barat, Garut, Tasikmalaya, Subang, dan Cianjur.

Ia berharap melalui kegiatan baksos yang dilakukan Sido Muncul dapat memberikan dampak positif untuk terbangunnya kondisi masyarakat yang lebih baik.

" Saya memberikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Sido Muncul. Ini sebagai bentuk dari kepedulian untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat Bandung Raya dan sekitarnya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Perdami dr. Maulia Fitra Purnama, SpM mengatakan bahwa operasi katarak merupakan operasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat.

" Berdasarkan data, angka prevalensi kebutaan sebesar 3 persen dan yang disebabkan oleh katarak sebesar 81 persen," ungkapnya.

" Katarak bisa memengaruhi fungsi ekonomi dan sosial pasien. Dan dengan adanya operasi katarak gratis dari Sido Muncul, itu dapat meningkatkan kualitas hidup mereka," kata Maulia.

2 dari 2 halaman

Usaha yang Bermanfaat bagi Masyarakat

Irwan pun menuturkan bahwa Sido Muncul yang didirikan pada tahun 1951 hingga 2013 sudah menjadi perusahaan terbuka. Dan di tahun 2022 ini, Sido Muncul berhasil memenangkan Indonesia's SDGs Award 2022 untuk kategori Pelaku Usaha Besar.

Sido Muncul terus aktif memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam berbagai program community development. Irwan menjelaskan bahwa di hilir, Sido Muncul sudah berpartisipasi terhadap 150 distributor di seluruh Indonesia dan membina berbagai usaha kecil sejak tahun 1974. Di hulur, sudah ada 130 tani yang dibina langsung oleh Sido Muncul.

" Dari semua itu, kami membangun mulai dari UMKM, kemitraan dengan petani, dan beli bibit dari mereka," katanya.

Beri Komentar