Teknologi Bank RI Lebih Mutakhir dari Negara Muslim Kaya?

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 21 Agustus 2014 16:46
Teknologi Bank RI Lebih Mutakhir dari Negara Muslim Kaya?
Salah satu bank di Uni Emirat Arab baru saja mengenalkan teknologi penarikan uang tunai tanpa menggunakan kartu ATM.

Dream - Masyarakat Indonesia boleh berbangga dalam hal penggunaan teknologi informasi di industri keuangan nasional. Bank di Indonesia diketahui telah mengenalkan sistem penarikan uang tunai lewat perangkat telepon pintar (smartphone), lebih cepat dari bank-bank di Uni Emirat Arab (UEA).

Mengutip laporan Emirate247, Kamis, 21 Agustus 2014, RAK Bank di UEA baru saja menawarkan layanan baru, yang memungkinkan pemegang rekening menarik uang di salah satu ATM bank tanpa harus menggunakan kartu ATM.

Manajemen RAK Bank mengatakan, layanan bernama MobileCash itu sangat berguna bagi nasabah yang lupa membawa kartu ATM, kehilangan kartu ATM atau menunggu kartu ATM diganti atau diaktifkan.

MobileCash mengandalkan sistem pesan singkat (SMS) berisi password sekali pakai. Kode dalam SMS itu kemudian dikirim ke pelanggan dan harus digunakan dalam waktu 24 jam untuk menarik uang tunai di salah satu dari 211 ATM Bank Rak di UEA. Batas maksimum yang ditetapkan untuk penarikan hingga 5,000 dirham sehari.

Untuk menarik uang tunai, penerima harus mengetahui nomor PIN dan jumlah yang tepat yang sudah ditetapkan oleh pemegang rekening.

" Kami telah menambahkan dua lapisan keamanan," kata Peter England, CEO di Rak Bank. " Nomor PIN dan jumlah yang tepat harus dimasukkan untuk melakukan penarikan."

Layanan MobileCash tidak hanya berjalan di platform aplikasi Rak Bank Mobile Banking saja, tetapi pemegang rekening yang tidak menggunakan smartphone bisa menggunakan USSD protokol. Tidak ada biaya layanan untuk layanan ini.

Menurut Head of Channels, Rak Bank, Masood Khan 1.500 pelanggan telah menggunakan fasilitas MobileCash meskipun bank belum secara resmi meluncurkan layanan ini.

Seperti diketahui, sejumlah bank di Indonesia sudah sejak lama memperkenalkan layanan mobilecash bagi para nasabahnya. Para pemilik rekening di Tanah Air sudah bisa menikmati fasilitas tarik tunai yang merupakan layanan penarikan secara tunai tanpa kartu melalui ATM atau Agen.

Selain itu, perusahaan telekomunikasi kini juga semakin gencar mempromosikan program tarik tunai melalui perangkat telepon seluler para pelanggannya. (Ism)

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin