Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Terkuak! Inilah Konsep Bandara Masa Depan

Terkuak! Inilah Konsep Bandara Masa Depan Konsep Bandara King Abdul Aziz

Dream - Bandar Udara (Bandara) yang selama ini masih dianggap terminal pesawat terbang, sebentar lagi bakal berubah total. Sebuah riset dari Skyscanner memprediksi Bandara dalam 10 tahun ke depan akan lebih luas dan terbuka.

Dikutip dari keterangan tertulis Skyscanner, Selasa, 1 Juli 2013, Bandara dalam 2024 akan membentuk desain Aeroville yang baru dan inspiratif.

"Bandara akan sangat maju, serta memiliki ruang cerdas yang menyediakan kenyamanan bagi para penumpang. Pesawat akan menjadi Cyber Hub tempat para wisatawan dapat menciptakan ruangan yang makin nyaman," ungkap hasil riset Skyscanner.

Skyscanner meramalkan, bentuk Bandara masa depan tak hanya dilihat dari fisik belaka, namun juga sisi pelayanan dan penerbangan.

Berikut adalah prediksi bagaimana Bandara akan semakin canggih dalam 10 tahun ke depan:

1. Penumpang pegang kendali penuh

Masa depan sebuah perjalanan di Bandara sepenuhnya otomatis dan penumpang akan mengambil kendali penuh, menghilangkan check-in di meja dan antrean sehingga mempercepat proses check-in.

Penumpang dapat check-in dan meletakkan tasnya di Starbucks ketika membeli kopi. Juga dapat menggunakan smartphone untuk memantau waktu antrean di ruang keamanan dan juga dapat memilih rute terbaik untuk sampai ke gerbang keberangkatan.

Kelahiran Internet of Things juga berarti bahwa semakin banyak produk akan terhubung ke internet satu sama lain, yang memungkinkan perangkat dapat saling 'berbicara satu sama lain'. Sebagai contoh, pre-set label bagasi digital dan koper akan mencakup semua rincian penerbangan dan informasi mengenai tujuan yang memungkinkan orang-orang yang berlibur untuk melacak keberadaan tas mereka sepanjang perjalanan.

Sistem masa depan ini berjalan seiring dengan adanya kartu data biometrik (yang akan menggantikan paspor) yang berarti bahwa wisatawan akan merasakan perjalanan di bandara yang jauh lebih efisien, menyenangkan dan cepat.

2. Bandara canggih penuh hiburan 

Setelah melewati ruang keamanan, Skyscanner memprediksi ruang keberangkatan akan menjadi awal pengalaman liburan dengan adanya ruang-ruang hiburan yang dapat menyejukkan suasana hati, mulai dari galeri seni, kebun sampai bioskop 3D serta ruang yoga.

Sebuah survei terbaru oleh Skyscanner menemukan 43 persen penumpang merasa senang melihat sebuah taman terbuka atau pantai sebagai bagian dari pengalaman mereka. Keinginan untuk bangunan yang lebih luas dan terbuka akan membentuk desain Aeroville yang baru dan inspiratif yang akan menjadi bandara utama pada 2024.

Pusat kenyamanan ini akan dilengkapi dengan dinding dan lantai interaktif, yang mengubah pengalaman belanja dan makan. Teknologi haptic baru memungkinkan penumpang untuk mencium, merasakan dan melihat produk yang ingin dibeli saat mereka berada di kolam renang di atap gedung.

Sedangkan teknologi 'Phygital' - teknik ritel fisik dan digital – memungkinkan wisatawan dapat memesan barang dengan lambaian tangan atau hanya dengan perintah lisan. (Ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Pengelola Bandara Ungkap Kursi Pesawat Terbaik Sesuai Kebutuhan Penumpang

Tips memilih kursi pesawat agar penerbangan nyaman

Baca Selengkapnya
2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

2 Pesawat Kembali Tabrakan di Bandara Jepang

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan pesawat itu.

Baca Selengkapnya
Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Jokowi akan pindah berkantor ke IKN jika jalan tol dan bandaranya selesai dibangun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional.

Baca Selengkapnya