Kini Tajir Melintir, Medina Zein Mulai Bisnis Cuma Bermodal Rp1 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 9 November 2018 13:15
Kini Tajir Melintir, Medina Zein Mulai Bisnis Cuma Bermodal Rp1 Juta
Bisnis yang didirikan pertama kali bukan klinik kecantikan.

Dream – Di kalangan hijaber, siapa tak kenal nama Medina Zein. Wajahnya mulai terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Di balik wajah cantiknya, Medina adalah seorang petarung. Berjuang tak kenal lelah hingga akhirnya menjadi pebisnis sukses.

Di usianya yang masih muda, baru 26 tahun, Medina telah memiliki beberapa bisnis. Dia adalah pemilik bisnis kecantikan. MD Clinic yang berada di bawah naungan PT Medina Care Global. Awalnya klinik ini bernama Lazeta. 

Masih sedikit berkaitan dengan kecantikan, Medina melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka sebuah butik. Pada tahun 2015 dia mendirikan Medinazein Boutique. Di sini, Medina menciptakan busana berkonsep simple. 

Agak berbeda dari dua bisnisnya, Medina kembali membuat perusahaan baru. Kali ini dia melirik industri travel

Siapa sangka di balik kesuksesan bisnisnya, Istri Lukman Azhari ini masih harus menghadapi tatapan miring publik. Medina dianggap sukses karena latar belakang keluarganya. Kesukesannya dinilai hanya melanjutkan bisnis orang tua.

Anggapan tersebut ternyata keliru. Medina sama sekali tak pernah memanfaatkan bisnis keluarga untuk masa depannya. 

" Ibu aku bidan, adik aku kedokteran dan keluarga yang lain sebagian besar merupakan orang yang bekerja di bidang kesehatan. Tidak ada salah satu dari orang tuanya yang merupakan seorang pebisnis,” kata dia di Jakarta, ditulis Jumat 9 November 2018.

Insting bisnis Medina sebetulnya telah terlihat di kala masih berusia remaja. Medina yang kala itu berusia 19 tahun mulai berpikir merintis bisnis. “ Aku dulu jadi reseller produk di kampusku,” kata dia.

Tak puas hanya menjual produk orang lain, Medina diam-diam menyimpan mimpi untuk memiliki bisnis sendiri. Bermodal Rp1 juta dari hasil menyisihkan uang hasil penjualan produk reseller, Medina memberanikan diri membuka klinik kecantikan.

Wanita berusia 26 tahun ini menggandeng teman untuk mendirikan klinik kecantikan. Sistem bisnisnya cukup simple. Keuntungan dari klinik kecantikan itu dibagi rata dengan rekan bisnisnya. 

“ Alatnya dulu belum secanggih sekarang. Aku dulu masih menangani pelanggan sendiri,” kata dia.

Selama menjalani dunia bisnis hingga saat ini, Medina berpegang teguh pada satu prinsip. Dia tak akan membangun bisnis dengan pinjaman dari mana pun. Prinsip itu terbukti.

Berbekal ketekunan dan kesabaran, kini bisnis Medina mulai berkembang, Status sebagai pebisnis sukses mulai disematkan pada Medina. 

(Sah, Laporan: Ava Haprin)

1 dari 2 halaman

Hijaber Miliarder Medina Zein, Inikah Sumber Kekayaannya?

Dream – Sahabat Dream, ada seorang wanita muda, cantik, dan sukses. Di usianya yang 24 tahun, dia berhasil menjadi seorang jutawan.

Siapakah dia?

Ya, wanita itu adalah Medina Susani Daivina Zein.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu 11 Oktober 2017, istri Lukman Azhari ini sukses merintis kerajaan bisnisnya, mulai dari salon kecantikan, butik, sampai travel. Tak tanggung-tanggung, Medina bisa meraup omzet sebesar Rp4,5 miliar per bulan.

Kisah sukses Medina ini berawal dari hobinya yang suka mempercantik diri. Wanita kelahiran 1992 ini bergonta-ganti produk kecantikan, tetapi tak ada satu pun yang cocok.

Sampai akhirnya, Medina mencoba produk kecantikan yang dibuat oleh saudaranya yang berprofesi sebagai dokter kecantikan. Tak disangka, produk itu ternyata cocok.

Berawal dari sana, Medina memutuskan untuk membuka bisnis klinik kecantikan. Lulusan kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budi Luhur Bandung ini mengikuti kursus singkat tentang estetika. Setelah itu, bermodal Rp50 juta, wanita ini membuka klinik kecantikan “ MD Clinic” di kawasan Ciwastra, Bandung, Jawa Barat.

Kini, kliniknya sudah berada di Bandung, Jakarta, Bekasi, dan Makassar.

Selain itu, dia juga membuat produk kecantikan yang bernama “ Lazeta”. Dia memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produk dan klinik kecantikannya dan meng-endorse selebgram. Usahanya berhasil menarik banyak minat dari masyarakat.

Tak hanya klinik kecantikan, di bawah PT Medina Global Care yang dikelola bersama sang suami, hijaber ini juga memperluas bisnisnya ke usaha butik,  Medinazein Butique.

Butik ini dirintis setelah dia ditanya-tanya tentang pakaian OOTD yang kerap diunggah di akun jejaring sosialnya. Saat ini, ada dua butik Medina di Bandung.

Selain itu, dia juga memperluas bisnisnya ke travel MZ Tour and Travel yang berkantor di Jalan Bengawan No. 62 Bandung, Jawa Barat. Dengan bisnisnya ini, orang-orang yang menggunakan jasa travelnya bisa berangkat ke Tanah Suci bersama selebritis Indonesia.

Bahkan, dia pernah memberangkatkan Raffi Ahmad dan 30 anggota keluarga dan asistennya untuk berlibur ke Eropa. Medina juga membuat lini kosmetiknya yang bernama MD Cosmetic.

Jadi sudah tahu kan sumber kekayaan Medina?

2 dari 2 halaman

Selebgram Medina Zein Owner Bisnis Kuliner Kekinian Seleb?

Dream - Nama Medina Zein merupakan hijabers cantik asal Bandung yang berhasil menjadi miliader di usia belia. Ya, di usia 25 tahun dia telah memiliki beragam bisnis.

Mulai dari klinik kecantikan MD Clinic, labelnya fashion, MZ Medina Zein Boutique, dan travel PT Medina Global Travelindo.

Saat bisnis kuliner kekinian mencuat ke publik, nama Medina disebut-sebut sebagai pemilik dari perusahaan tempat para artis bernaung. Namun, ibu satu anak itu menepisnya.

" Cuma kolaborasi aja sama Bella dan Zaskia," ujarnya ditemui di Grand Opening Zoya Super Store, Bandung, Jawa Barat, belum lama ini.

 medina zein

Medina mengaku, dia memang ikut berkolborasi mengembangkan bisnis kuliner Bandung Makuta bersama Laudya Cynthia Bella dan Zaskia Sungkar. Namun dia membantah jika menjadi pemilik dari bisnis kuliner. 

" Jadi ya itu bisnis terbaru, kolaborasi," tegasnya.

Memiliki banyak bisnis diakui Medina membuatnya kesulitan membagi waktu. Untuk itulah peran manager sangat dibutuhkan guna mengatur waktunya antara bisnis dan keluarga.

" Kayak misalnya aku ada kerjaan di weekend yang (seharusnya) khusus untuk keluarga. Jadi nanti aku minta libur di weekdays. Di perusahaanku ada tujuh divisi ada manajer dan direkturnya. Jadi aku cukup kontrol ke manajer atau direkturnya aja," tambahnya.

(Sah)

Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival