CONNECT WITH US!

Jokowi Percepat Kunjungan ke AS, Pertemuan Top CEO Ditinggal

Reporter : Ismoko Widjaya | Selasa, 27 Oktober 2015 10:02
Presiden Joko Widodo Saat Menelepon Menko Polhukam Di AS (Setkab)
Presiden membatalkan lawatannya ke Pantai Barat AS karena mendengar banyaknya keluhan dan laporan bencana asap.

Dream - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercepat kunjungan kerjanya di Amerika Serikat (AS). Agenda pertemuan dengan sejumlah CEO perusahaan top AS di wilayah Pantai Barat pun dibatalkannya.

Percepatan lawatannya ini salah satunya disebabkan banyaknya keluhan dan laporan dari masyarakat terkait kebakaran lahan di Tanah Air.

" Saya memutuskan untuk membatalkan perjalanan saya ke West Coast, ke pantai barat dan akan langsung kembali ke Indonesia, dan mungkin nanti langsung meluncur ke Sumsel atau ke Palangkaraya, ke Kalteng,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan persnya di Blair House, Washington DC, Senin (26/10) pagi waktu setempat seperti dikutip Dream dari laman Setkab.

Keputusan Presiden Jokowi mempercepat lawatannya ini dilakukan usai melakukan pembicaraan telepon dengan Menko Polhukam Luhut Pandjaitan.

Dari pembicaraan itu, presiden memperoleh informasi terkait kondisi asap di Kalimantan Tengah dan Sumatera Selatan. Kedua wilayah ini paling banyak ditemukan titik api.

Di Kalteng tercatat terdapat 366 titik api. Sementara di Sumsel terdeteksi 146 titik api. Presiden juga menerima laporan deteksi yang lain yang juga datanya telah Presiden terima.

Selanjutnya, presiden akan memimpin langsung penanganan bencana kabut asap di Tanah Air.

Terkait dengan rencana kunjungannya ke West Coast, ke Pantai Barat yang berkaitan dengan kerja sama teknologi informasi dan ekonomi kreatif, Presiden Jokowi menugaskan menteri-menteri terkait seperti Menkominfo, Menteri Perdagangan, kemudian Kepala BKPM, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif untuk bertemu CEO-CEO yang ada di sana. (Ism) 

Terry Prihatin Dengan Keadaan Pekerja Seni di Indonesia