Tren Belanja Online Menjamur di Kota Besar

Reporter : Ervina
Selasa, 25 November 2014 18:02
Tren Belanja Online Menjamur di Kota Besar
Akses internet yang belum merata menjadikan pembeli belanja online masih terbatas di kota-kota besar saja.

Dream - Pertumbuhan bisnis belanja online diprediksi akan menjadi salah satu sumber pendapatan besar bagi Indonesia. Namun, akses internet yang belum merata menjadikan pembeli belanja online masih terbatas di kota-kota besar saja.

Hal tersebut tidak terlepas dari pengakses internet yang masih sebesar 30 persen dari total penduduk Indonesia di tahun 2013.

" Hingga saat ini untuk Bhinneka sendiri sekitar 80 persen pembeli online masih didominasi dari Pulau Jawa terutama kota Jakarta, Bandung, Jogja dan Semarang," ucap Muhamad Arif, Feature & Marketing Campaign Manager Bhinneka sekaligus Panitia Festival Belanja Online 2014, Selasa 25 November 2014.

Setelah penduduk Jawa, Arif menyebut pembeli online terbesar lainnya berasal dari Sulawesi dan Kalimantan.

Kehadiran program promo dan edukasi mengenai belanja online merupakan satu bentuk upaya mendongkrak jumlah pembeli dan nilai transaksi.

" Tahun lalu total transaksi e-commerce di Indonesia mencapai Rp 130 triliun. Tingkat kepercayaan dan loyalitas pembeli serta kehadiran program promo sejumlah e-commerce diharapkan dapat meningkatkan nilai transaksi," tambahnya.

Salah satu program belanja online bertajuk Festival Belanja Online 2014 merupakan salah satu upaya meningkatkan transaksi online. Ada 28 perusahaan e-commerce yang memberikan program penawaran promo dalam festival yang berlangsung 25 November - 5 Desember 2014. (Ism)

Beri Komentar