Kenang Kaisar yang Mau Turun Tahta, Kaleng Isi Udara Khusus Dijual

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 23 April 2019 11:29
Kenang Kaisar yang Mau Turun Tahta, Kaleng Isi Udara Khusus Dijual
Produk unik ini muncul menyambut pergantian era kekaisaran Jepang.

Dream - Dalam beberapa waktu ke depan, Jepang menyongsong era kekaisaran baru. Kaisar Akihito resmi turun tahta pada Desember 2019 dan kekuasaan diserahkan ke putra tertuanya, Pangeran Naruhito.

Jelang peresmian gelar kaisar kepada Pangeran Naruhito, sejumlah pelaku industri memanfaatkan momen tersebut. Mereka beramai-ramai meluncurkan produk unik untuk menyambut pergantian era kekuasaan Jepang.

Salah satu produk unik itu adalah New Air-a, berupa kaleng yang diklaim berisi 'Udara Heisei'. Produk ini diluncurkan untuk mengenang masa 30 tahun kekuasaan Kaisar Akihito.

Tidak main-main, kaleng berisi udara ini dijual dengan harga yang tidak murah. Satu kaleng dibanderol seharga 1.080 yen, setara Rp136 ribu.

" Udara tentu gratis tapi kami berharap masyarakat dapat nyaman menghirup udara bebas Heisei setelah era baru tiba, atau hanya ingin menyimpannya sebagai kenang-kenangan," ujar direktur perusahaan pembuat New Air-a, Minoru Inamoto, dikutip dari Asia One.

 

1 dari 1 halaman

Isinya Udara dan Koin 5 Yen

Minoru mengatakan kaleng-kaleng tersebut diproduksi di desa Henari di Jepang tengah. Kemasannya menggunakan karakter aksara yang sama dengan yang dipakai oleh Kaisar.

Kaleng berisi udara ini bisa didapat di stasiun kereta di desa. Bisa juga dibeli secara online.

Kaleng-kaleng ini tidak berisi apapun kecuali udara di era saat ini dan koin lima yen yang kerap dianggap sebagai jimat keberuntungan.

Sejumlah perusahaan di Jepang tengah berebut momen sebelum negara memasuki era 'Reiwa' terhitung mulai 1 Mei nanti. Hal ini ditandai dengan naik tahtanya Kaisar Naruhito.

Beberapa di antaranya seperti koin emas yang dipajang menyerupai kue panas di sejumlah pusat perbelanjaan. Ada juga penjual permen khusus yang hanya tersedia di era Heisei.

Tidak sedikit juga yang menjual dagangan yang menandakan era Reiwa. Beberapa di antaranya seperti stiker, kaos dengan susunan huruf tertentu, coklat khusus, dan lain sebagainya.(Sah)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen