Riset yang Perlu Dilakukan Sebelum Tatap Muka

Reporter : Irma Indriani
Jumat, 13 Februari 2015 18:01
Riset yang Perlu Dilakukan Sebelum Tatap Muka
Ada beberapa tindakan antisipasi yang bisa dilakukan untuk menghindari kekecewaan pada pertemuan pertama nanti.

Dream - Seperti halnya perekrut karyawan baru yang biasanya akan menyelidiki calon karyawannya secara online untuk memastikan bahwa tidak ada ‘catatan negatif’ dari orang tersebut di dunia maya. Anda juga bisa melakukan hal yang sama agar menjadi lebih yakin dengan pilihan Anda sebelum menyesal nantinya. Salah satunya adalah dengan meriset (stalking) secara online sebelum benar-benar bertemu nantinya.

Dalam melakukan stalking secara online, harus dipahami bahwa tujuannya untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan atau untuk mengurangi kekecewaan yang bisa muncul apabila kurang mengenal calon pasangan Anda tersebut. 

Setipe.com mempunyai beberapa poin untuk menjalankan 'riset' seperti berikut ini:

1. Melalui Media Sosial

Akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya bisa diandalkan untuk mengetahui bagaimana karakter dan keseharian seseorang.  

2. Sumber Lain

Jika hasil pencarian Anda tentang calon pasangan justru nihil di media sosial alias tak ada jejak sama sekali, Anda patut curiga dan mulai mempertanyakan siapa dirinya sebenarnya. Tanyakan saja apa media sosial yang biasa ia gunakan. Jika ia menjawab tidak memiliki akun media sosial apapun, coba tanyakan alasannya. Cara lain untuk men-stalking adalah dengan cari namanya di search engine seperti Google. Mungkin memang calon pasangan Anda cenderung tertutup dan lebih suka bergerak konvensional, tapi tak menutup kemungkinan kalau nama atau wajahnya terselip di situs penyedia jasa (seperti Linkedin) atau pernah diwawancara di suatu media massa.

Sedikit cari tahu tentang calon pasangan tidak ada salahnya selama tujuannya agar Anda merasa lebih aman dan nyaman untuk melanjutkan hubungan lebih jauh dan juga tinjau ke belakang sejarah hidup Anda yang terlihat di publik agar kedua pihak tidak merasa terancam. Anda juga bisa mencoba melalui Setipe.com

Baca Juga: Kutipan `Ice-Breaker` Paling Efektif Keajaiban Saat Berhasil `Move On` Cara Ampuh Kenalan

Kirimkan blog atau website kamu ke komunitas@dream.co.id, 
dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog/web
3. Foto dengan ukuran high-res (tidak blur)

 

Beri Komentar