15 Manfaat Jahe untuk Wajah dan Kesehatan

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Senin, 16 Desember 2019 08:12
15 Manfaat Jahe untuk Wajah dan Kesehatan
Salah satu manfaat jahe yang paling terkenal adalah bisa menghangatkan tubuh dari dalam.

Dream - Jahe merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan masakan maupun obat herbal. Tak hanya itu, ternyata jahe juga bisa digunakan sebagai bahan untuk merawat kulit wajah.

Salah satu manfaat jahe yang paling terkenal adalah bisa menghangatkan tubuh dari dalam. Jika musim dingin sedang datang, banyak orang yang menghangatkan diri dengan rempah satu ini.

Banyaknya jenis jahe yang ada di dunia ini pastinya memiliki fungsi yang berbeda untuk kesehatanmu. Yuk cari tahu manfaat jahe!

1 dari 5 halaman

Manfaat Jahe Merah

 © MEN

Jahe merah sering kali digunakan sebagai bahan dasar jamu karena memiliki aroma yang khas dan juga tajam. Dibanding dengan jahe putih, jahe merah menghasilkan minyak esensial lebih banyak.

Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe merupakan bahan alami yang bisa meningkatkan sistem kekebalan imun. Mengkonsusmi jahe setiap hari mampu memperkuat imunitas. Caranya bisa langsung memakan jahe ataupun mengkonsumsi air jahe.

Membakar timbunan lemak

Jahe merupakan penguat metabolisme tubuh dan juga bisa membakar kalori. Penelitian di Institue for Human Nutrition di Columbia University, orang yang rajin mengkonsumsi jahe lebih mudah merasa kenyang daripada orang yang jarang mengkonsumsi jahe.

Mencegah selulit

Jahe akan meningkatkan sirkulasi darah dan juga bisa meregenerasi kulit sehingga bisa mencegah selulit pada kulit. Caranya, olah saja scrub dari jahe, gula, minyak zaitun dan jeruk nipis. Gosokkan campuran bahan ini di kulit agar kamu bsia merasakan manfaat jahe.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

 © MEN

Berbagai macam kandungan yang ada pada jahe ini bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Rasa segar dan kandungan gingerol yang didapat dari jahe ini bisa meredakan pegal-pegal pada tubuh.

Menyembuhkan migrain

Penelitian membuktikan pada 100 pasien migrain yang diberikan obat mengandung jahe. Hasilnya pasien-pasien tersebut merasa ketidak nyamanan akibat migrain itu mereda akibat obat yang mengandung jahe dan pastinya tanpa efek samping.

Mengontrol kadar gula darah

Jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan juga lipid yang bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, jahe juga bisa memberikan perlindungan bagi orang yang terkena diabetes untuk menghindari kerusakan mata dan komplikasi lain.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Jahe untuk Wajah

 © Dream

Jahe merupakan salah satu rempah yang mengandung sifat anti inflamasi. Pastinya jahe bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kanker.

Menyembuhkan jerawat

Sifat antibakteri dan antimikroba yang terdapat dalam jahe bisa menjadi obat utnuk menyembuhkan jerawat. Bakteri penyebab jerawat bisa dihilangkan melalui anti mikroba pada jahe. Minum jus jahe atau air jahe untuk menghilangkan jerawat dari dalam.

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada jahe pastinya bisa menangkal radikal bebas. Hal ini bisa mencegah penuaan dini seperti kerutan dan flek hitam pada wajah. Konsumsi jahe secara rutin setiap hari agar wajah terhindar dari penuaan dini.

Menghilangkan panu

Panu pada kulit bisa dihilangkan menggunakan jahe. Caranya cukup potong jahe menjadi dua bagian. Gunakan sisi dalam jahe dan gosok panu sampai kulit kemerahan. Jika sudah mulai terasa perih hentikan sebentar dan lakukan lagi sampai beberapa kali agar panu cepat hilang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Wedang Jahe

 © MEN

Wedang jahe merupakan minuman khas jawa yang menggunakan bahan dasar jahe. Minuman ini dibuat dari campuran jahe, gula jawa atau gula batu yang dicampur dengan air. Selain itu bisa juga dicampur dengan daun pandan, sereh, cengkeh ataupun kayu manis.

Menyehatkan sistem pernapasan

Jika sedang mengalami flu dan juga gangguan pernapasan kamu bisa menggunakan manfaat jahe dalam wedang jahe. Rasa hangat dan juga manis pada wedang jahe mampu menyehatkan sistem pernapasan.

Menghilangkan mual

Saat kamu sedang berpergian jauh dan terasa mual saat perjalanan, kamu bisa mengkonsumsi wedang jahe untuk meredakannya. Setelah minum wedang jahe, rasa mual pada perut akan hilang dengan cepat.

Meredakan radang tenggorokan

Jahe memiliki sifat anti peradangan sehingga bisa meredakan peradangan pada tenggorokan. Cara meredakan peradangan cukup dengan mengkonsumsi wedang jahe setiap pagi.

5 dari 5 halaman

Manfaat Air Jahe

 © MEN

Jahe yang direbus dengan air membuat kandungan yang berada pada jahe akan berpindah ke air. Pastinya manfaat jahe bisa didapatkan dari air jahe ini.

Menyehatkan otak

Menurut penelitian, jahe bisa menghambat peradangan yang terjadi di otak. Sehingga fungsi otak meningkat dan juga fungsi kognitif akan bertambah. Hal ini pastinya bisa menyehatkan otak untuk jangka panjang.

Berkhasiat untuk Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi yang menyebabkan sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Sebuah penelitian membuktikan bahwa manfaat jahe bisa mengobati penyakit osteoarthritis.

Mengurangi nyeri otot

Manfaat jahe selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan otot dan bisa menghilangkan ketidk nyamanan yang terjadi di otot. Jika kamu sedang mengalami nyeri otot, kamu bisa mengkonsumsi air jahe secara rutin untuk menguranginya.

Banyak sekali manfaat jahe yang bisa kamu dapat asalkan kamu mengkonsumsinya dengan rutin. (mut)

( Jossi Andriani / dikutip dari Liputan6.com dan Fimela.com )

 

 

Beri Komentar