CONNECT WITH US!

10 Bahaya Begadang untuk Kesehatan Tubuh

Reporter : Gladys Velonia | Rabu, 3 Januari 2018 18:28
Foto: Shutterstock

Dream - Beraktivitas seharian penuh seringkali menyebabkan waktu tidur terganggu. Padahal tidur cukup, olahraga teratur disertai pola makan seimbang sangat dibutuhkan agar tubuh tetap prima.

Kurangnya waktu tidur dapat meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh atau dikenal sebagai hormon stres. Selain itu, ada beragam masalah lain yang disebabkan oleh kurang tidur. Apa saja?

1. Rentan Sakit

Dilansir dari Boldsky, kurang tidur membuat imun atau daya tahan tubuh sulit bekerja menghalau virus penyebab penyakit. Karena itu orang yang kurang tidur lebih gampang jatuh sakit.

2. Risiko Penyakit Jantung

Sebuah studi membuktikan jika orang yang tidur kurang dari lima jam atau orang yang tidur lebih dari sembilan jam secara terus-menerus meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke

3. Meningkatkan Penyakit Kanker

Jika Anda terlalu sering kurang tidur, risiko terkena kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar sangat tinggi. Para pekerja yang sering bekerja di larut malam pun mengalami risiko terkena kanker yang sama.

4. Ganggu Cara Pikir

Kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga sulit berpikir kreatif. Selain itu, orang yang kurang tidur juga sulit memahami suatu masalah.

5. Pelupa

Studi lain membuktikan jika tidur berperan penting dalam mengunci ingatan saat orak dalam proses belajar. Sehingga orang yang kurang tidur akan kekurangan daya untuk mengunci apa yang telah dipelajarinya.



The Sisters Eps. 4 - The City