10 Cara Mencegah Virus Corona, Anjuran Resmi dari Kemenkes

Reporter : Reni Novita Sari
Selasa, 24 Maret 2020 16:36
10 Cara Mencegah Virus Corona, Anjuran Resmi dari Kemenkes
Yuk, Sahabat Dream kita simak 10 cara pencegahan virus corona resmi dari Kemenkes RI.

Dream - Merebaknya kasus penyebaran Virus Corona yang terjadi pada awal tahun 2020 ini membawa perubahan drastis bagi kehidupan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut seakan membuat aktivitas dunia menjadi berhenti sejenak. Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus belum lama ini telah menetapkan secara resmi bahwa virus COVID-19 merupakan pandemi global, dari yang sebelumnya berstatus sebagai wabah.

Apa sebetulnya yang dimaksud dengan pandemi? Pada dasarnya wabah yang telah menyebar ke banyak negara selain tempat asalnya, dalam hal ini Wuhan, China, dapat ditetapkan sebagai pandemi. Pemberian status pandemi oleh WHO tersebut dikarenakan virus COVID-19 penyebarannya semakin meluas dan cepat.

Namun apakah kita perlu khawatir?

Jika kamu tidak berada di wilayah terjangkit COVID-19, atau tidak melakukan perjalanan dari salah satu wilayah tersebut, dan tidak melakukan kontak dekat dengan seseorang yang memiliki gejala COVID-19 atau merasa kurang sehat, kecil kemungkinan kamu untuk tertular COVID-19. Meski relatif aman, dapat dimengerti jika kita merasa cemas dan takut dengan situasi yang sedang terjadi saat ini.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  (Kemenkes) menghimbau masyarakat supaya tetap tenang dan jangan panik menghadapi kasus ini. Sebaiknya kita mencari informasi yang benar dan akurat tentang perkembangan COVID-19 agar mengetahui situasi wilayah sekitar kita, sehingga dapat mengambil tindakan pencegahan yang wajar. Namun, Jika kita berada di wilayah terjangkit COVID-19, seperti di DKI Jakarta, sebaiknya kita harus serius menghadapi risiko tersebut. Selalu jaga kesehatan dan perhatikan informasi dan saran dari pihak kesehatan yang berwenang.

Untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19, Kemenkes lewat situsnya, www.kemkes.go.id, menghimbau masyarakat untuk melek informasi tentang cara mencegah virus corona berikut.

1 dari 10 halaman

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang paling penting agar kita tidak mudah terjangkit suatu penyakit/wabah. Jika di suatu tempat berkembang suatu wabah, maka orang yang mudah terjangkit pertama kali adalah orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Maka dari itu, untuk menjaga diri dari virus ini mulai saat ini makan makanan yang bergizi, minum vitamin, berbanyak minum air putih, biasakan olahraga, mandi minimal 2 kali sehari, istirahat yang cukup, dan untuk yang suka begadang mulai hari ini kurangi jadwal begadang dulu, ya!

2 dari 10 halaman

Mencuci Tangan dengan Sabun

Kiat dan Cara Mengajari Anak Mencuci Tangan yang Benar© MEN

Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting sebagai cara mencegah virus corona menjangkit tubuh kita.

3 dari 10 halaman

Terapkan Etika Bersin

Deretan Penyakit Berbahaya yang Ditularkan Lewat Bersin© MEN

Terapkan etika batuk dan bersin mulai saat ini, hal tersebut sangat berguna untuk melindungi orang-orang di sekitar anda dan benda-benda di sekitar anda terinfeksi cairan mengandung virus yang berasal dari batuk atau bersin, terlepas apakah virus itu corona maupun bukan corona. Aktivitas tersebut penting sebagai cara mencegah virus corona menyebar di sekitar Anda.

4 dari 10 halaman

Hindari Kontak dengan Orang Lain

Bersentuhan dengan Non-Muslim, Batalkan Wudhu?© MEN

Pemerintah telah menetapkan sistem bekerja dan belajar dari rumah. Patuhilah himbauan tersebut untuk menjaga diri Anda dan orang-orang sekitar Anda dari Virus COVID-19. Bagi yang suka nongkrong, istirahat dulu sementara waktu sampai keadaan menjadi aman. Dengan mengurangi aktivitas inilah cara mencegah virus corona menjangkit tubuh kita.

5 dari 10 halaman

Hindari Menyentuh Segitiga Wajah

ilustrasi sentuh wajah© shutterstock.com

Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita. Hal ini memang lumayan sulit, tapi kita bisa memulai membiasakan diri melakukan hal ini sebagai cara mencegah virus corona hinggap di tubuh kita.

6 dari 10 halaman

Gunakan Masker dengan Benar

Istana: Virus Corona Belum Masuk Indonesia© MEN

Walau saat ini harga masker sedang melonjak, tapi demi keamanan Anda sendiri sebaiknya gunakan masker dan menggantinya sehari sekali. Cara ini dinilai paling efektif sebagai cara mencegah virus corona masuk ke tubuh kita dan meminimalisir penularan kepada orang lain.

7 dari 10 halaman

Buang Masker yang Setelah Digunakan

Hal ini sebagai salah satu cara mencegah virus corona menyebar kepada orang sekitar kita, jika dengan tidak sengaja mereka menyentuh tisu atau masker yang kita letakkan sembarangan, dan ternyata kita terjangkit virus tersebut.

8 dari 10 halaman

Menunda Perjalanan ke Luar Daerah

Kemenkes: Cara Penularan Virus Corona Belum Diketahui© MEN

Sebagian negara telah menutup aksesnya untuk dikunjungi warga asing. Jika Anda terlanjur membeli tiket pesawat, tidak perlu khawatir karena beberapa penerbangan telah menyiapkan sistem reschedule dan refund kepada wisatawan yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri demi mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

9 dari 10 halaman

Hindari Bepergian Saat Sakit

Seberapa Mudah Virus Corona Menular?© MEN

Hindari bepergian ke luar rumah saat Anda merasa kurang sehat. terutama jika Anda merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama. Ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.

10 dari 10 halaman

Pantau Perkembangan COVID-19

Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu Anda melindungi dari Anda dari penularan dan penyebaran penyakit ini.

Yuk, jangan biarkan diri kita dan orang-orang yang kita sayangi terjangkit virus ini dengan melakukan pencegahan-pencegahan di atas. Mulailah dari diri kita sendiri dan sebarkan kepada yang lain agar mereka mengetahui cara mencegah virus corona dengan tepat. Mari bersama-sama lawan Virus Corona.

Beri Komentar